Tips Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

285

Setiap pasangan suami istri tentunya mendambakan kehadiran seorang anak di tengah-tengah kehidupan pernikahan. Jika belum memiliki keturunan, nampaknya kebahagiaan dalam berumah tangga belum sempurna. Meski materi telah lebih dari cukup dan rasa cinta juga senantiasa terjaga, namun jika belum menimang keturunan pasangan tidak jarang akan merasa kesepian.

Jika Anda dan pasangan telah berusaha keras tapi tak kunjung diberi momongan, janganlah putus asa. Anda dapat melakukan beberapa tips berhubungan agar cepat hamil yang tepat.

  1. Anda dan pasangan harus mengetahui waktu yang paling pas untuk melakukan hubungan intim supaya cepat dikaruniai keturunan. Waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim adalah ketika masa subur wanita. Anda bisa menentukan tanggal untuk berhubungan intim dengan cara menyesuaikan masa subur dan masa ovulasi yang umumnya terjadi pada 16 hari setelah haid pertama atau rentang 14 hari sebelum haid berikutnya. Hitungan ini penting, karena sel telur hanya bertahan dalam tubuh kurang lebih 24-48 jam, sebelum kemudian meluruh, dan mempersiapkan untuk haid selanjutnya. Selain itu, sel sperma juga hanya bisa bertahan 24-48 jam sejak masuk ke dalam rahim, sehingga diperlukan waktu yang tepat agar sel sperma dan sel telur bertemu dengan kualitas optimal.
  2. Lakukan hubungan intim secara teratur 3-4x/minggu. Disarankan agar tidak terlalu sering maupun tidak terlalu jarang bercinta. Adapun terlalu sering bercinta dapat menyebabkan sperma yang keluar, banyak yang belum matang. Sedangkan terlalu jarang bercinta juga dapat membuat jumlah banyak sperma yang keluar lemah karena usianya yang lebih tua disimpan dalam tubuh.
  3. Setelah berhubungan disarankan untuk wanita agar tidak langsung membersihkan vaginanya atau bahkan mencuci/membilas vagina. Hal ini agar memberi waktu kepada sel sperma berenang menuju sel telur. Mungkin setelah berhubungan seksual perempuan tetap berbaring untuk beberapa saat. Selain itu, sebaiknya istri buang air kecil terlebih dahulu sebelum berhubungan supaya tidak tergesa-gesa ingin pergi ke kamar mandi setelah bercinta.
  4. Mengatur posisi berbaring setelah berhubungan. rendahkan posisi kepala dibanding bokong. Hal ini akan membuat perpindahan sel sperma lebih mudah menuju rahim.
  5. Lakukan olahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu dengan sekali olahraga minimal 30 menit.
  6. Perbanyak konsumsi daging, ikan, tahu, tempe, kacang tanah, kacang polong, susu, keju, yogurt, nasi merah, roti gandum, sereal, telur, ubi, jeruk, mangga, brokoli, bayam, serta sayur, dan buah lainnya
  7. Mengatur berat badan, diusahakan berat badan anda ideal. Karena ketika Anda memiliki bobot tubuh yang terlalu kurus dapat menghambat kesuburan Anda, akan tetapi kelebihan berat badan juga tidak baik. Hal ini dikarenakan dapat merangsang produksi hormon estrogen berlebihan yang dapat menganggu ovulasi.

Apabila Anda sudah mencoba kiat-kiat di atas, segera konsultasikan kepada dokter, agar Anda dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan saran lebih tepat agar Anda segera memiliki momongan. (RA)

Daftar Pustaka

  1. https://prenagen.com/8-tips-berhubungan-agar-cepat-hamil
  2. https://alodokter.com/komunitas/topic/posisi-berhubungan-intim-agar-cepat-hamil

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store