TIPS BERNAPAS LEGA SAAT FLU MELANDA

29

Ketika terserang flu, hidung cenderung berair dan tersumbat. Hidung yang terus berair dan tersumbat ini akan membuat Anda susah bernapas, dan dapat mengganggu tidur Anda. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan agar bisa bernapas lebih lega saat flu melanda, yaitu:

  1. Mandi air hangat

Saat terserang flu, hidung akan penuh dengan lendir sehingga membuat Anda kesulitan bernapas. Dengan mandi air hangat, uap panasnya dapat membantu mengeluarkan lendir yang terkumpul dan melegakan hidung. Anda juga bisa menampung air panas di dalam bak mandi sehingga uapnya memenuhi kamar mandi. Alternatif lain, Anda dapat menampung air panas pada baskom dan meletakan kepala Anda untuk menghirup uap panas.

  • Makan makanan hangat

Cobalah untuk makan sesuatu yang hangat, seperti sup. Uap panas pada makanan dapat melegakan saluran hidung dan menghilangkan lendir yang terkumpul. Minum teh hangat juga dapat membantu melegakan tenggorokan yang mungkin sakit karena gejala flu serta dapat melegakan pernapasan. Hal ini juga dapat membantu Anda meringankan batuk serta bersin yang dialami. Selain itu, dengan banyak mengonsumsi minuman atau makanan berkuah yang hangat dapat menjaga asupan cairan dalam tubuh untuk melawan infeksi.

  • Melembapkan udara

Sekarang ini sudah banyak alat pelembap udara ruangan. Jika memilikinya, Anda dapat memanfaatkan alat ini sebagai salah satu cara melegakan hidung yang tersumbat karena flu. Flu dan pilek bisa membuat saluran pernapasan atas menjadi kering. Namun, ketika menggunakan pelembap udara, pastikan bahwa alat tersebut dibersihkan secara berkala sehingga tidak memicu pertumbuhan jamur.

  • Tidur dengan bantal tambahan

Posisi kepala saat tidur dapat membantu Anda bernapas lebih lega saat flu. Letak kepala yang lebih tinggi membuat tekanan pada sinus tidak terlalu tinggi, sehingga Anda tidak perlu terbangun di tengah malam karena kesulitan bernapas. Akan tetapi, sebaiknya perhatikan pula ketinggian bantal agar hal ini tidak akan mencederai leher Anda.

  • Menggunakan semprotan garam

Semprotan hidung yang mengandung garam dapat membantu mengencerkan ingus sehingga dapat bernapas dengan lebih mudah dan melegakan sakit tenggorokan. Nebulizer juga dapat membantu dalam pemberian cairan garam pada saluran pernapasan Anda.

  • Minum obat

Tablet dekongestan dan semprotan hidung yang dijual bebas di apotek dapat membantu melegakan hidung tersumbat yang dialami. Namun, pastikan Anda membaca dengan saksama petunjuk yang tertera dalam kemasan. Pastikan bahwa obat itu aman untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan masalah baru. Bila keluhan berlanjut, jangan ragu untuk hubungi dokter melalui aplikasi Pak Dok! (RD)

Sumber:

  1. 6 tips for sound sleep when you have a cold. 2015. Available at https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/cold-relief-6-sleep-tips-to-help-you-breathe-easier#1
  2. Sleep tips for a cold and the flu. Available at https://symptoms.webmd.com/cold-flu-map/sleep-better-cold-flu