Tips Cara Membakar Lemak Tubuh

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

194

Banyak efek buruk yang terjadi akibat menumpuknya lemak membandel pada perut. Selain kurang sedap dipandang, tumpukan lemak di perut juga meningkatkan risko terserang berbagai penyakit berbahaya. Anda bisa menghilangkan lemak perut dengan mengurangi prosentase lemak tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membakar lemak dalam tubuh.

  1. Olahraga

Menurut Christopher Wharton, Ph.D. seorang peneliti dari Rudd Centre for Food Policy and Obesity, Yale University, mengatakan bahwa olahraga adalah cara ampuh untuk membakar lemak. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk berolahraga dan latihan yang lebih kuat, semakin banyak lemak yang akan terbakar. Salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan yaitu latihan kekuatan otot. latihan ini mengharuskan Anda untuk mengontraksikan otot-otot melawan resistansi (misalnya pada angkat beban). Ini baik untuk membangun massa otot dan meningkatkan kekuatan sehingga dapat membakar lemak dengan baik.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa latihan kekuatan dapat mengurangi lemak viseral pada 78 orang dengan sindrom metabolik. Studi lain menunjukkan bahwa latihan kekuatan yang digabungkan dengan latihan aerobik selama 12 minggu, lebih efektif dalam mengurangi lemak tubuh daripada latihan aerobik saja. Di samping itu, latihan kekuatan membantu mempertahankan massa bebas lemak, sehingga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh saat beristirahat.

  1. Konsumsi makanan tinggi protein

Memasukkan makanan kaya protein dalam diet Anda adalah cara efektif untuk mengurangi nafsu makan dan membakar lebih banyak lemak. Dalam artikel tahun 2006 di American Journal of Clinical Nutrition, para periset berpendapat bahwa asupan protein harian yang disarankan saat ini, 0,36 gram per per 0,5 kilogram berat badan. Untuk memenuhi kebutuhan protein sembari membuang lemak berlebih, Cobalah menggabungkan beberapa porsi makanan berprotein tinggi ke dalam diet Anda sehari-hari untuk membantu meningkatkan pembakaran lemak. Beberapa contoh makanan kaya protein termasuk daging, makanan laut, telur, kacang-kacangan, dan produk susu. Kendati begitu, konsumsilah makanan tersebut dalam taraf yang wajar dan tidak boleh berlebih.

  1. Mengatur pola tidur

Salah satu cara paling efisien untuk membakar lemak adalah tidur. Kenapa? Karena tidur yang tidak tepat menghasilkan lebih banyak ghrelin dan ini memicu keinginan Anda untuk makan makanan manis atau berat keesokan paginya. Anda disarankan tidur 6-7 jam setiap malam untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

  1. Bergerak lebih banyak

Menurut sebuah riset yang dilakukan di University of Missouri menemukan bahwa seorang yang malas gerak selama 4 jam atau lebih, dapat menyebabkan penutupan dekat enzim yang mengendalikan metabolisme lemak dan kolesterol. Untuk menjaga agar enzim ini tetap aktif dan meningkatkan pembakaran lemak Anda, cobalah untuk bergerak, berjalan, dan menggerakan tubuh Anda secara maksimal sehari-hari.

Selain beberapa tips diatas, disarankan agar Anda mengonsumsi emak sehat, menambah asupan serat, membatasi karbohidrat rafinasi, serta melakukan kardio dan high-interval intensity training (HITT) dapat membantu membakar lemak dalam tubuh Anda. semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

  1. https://klikdokter.com/info-sehat/read/3616720/3-cara-ampuh-bakar-lemak
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/cara-membakar-lemak-tubuh/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store