Tips Cara Memilih Produk Yang Aman Bagi Kulit Bayi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

97

Merawat bayi merupakan hal yang menyenangkan sekaligus merepotkan. Terlebih karena kulit bayi masih sensitif dan sistem pertahanan tubuh bayi belum sempurna, sehingga bayi lebih rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh bayi adalah kulit ruam atau iritasi kulit. Penyebabnya pun beragam, mulai dari popok, susu, sabun, parfum, bedak, dan berbagai macam produk perawatan bayi lainnya.

Nah, bagi Anda yang memiliki anak yang kulitnya sensitif, sebaiknya Anda harus lebih bijak dalam menentukan produk perawatan kulit untuk bayi Anda. Jangan sampai produk yang Anda pilih salah membuat kulit bayi Anda ruam dan iritasi. Mengapa? Terlalu sering ruam dan iritasi tanpa penanganan yang tepat dapat berdampak buruk bagi kesehatan bayi, mulai dari kerusakan kulit sehingga bayi lebih rentan mengalami infeksi, hingga potensi bayi memiliki alergi saat usia dewasa.

Untuk memilih produk yang aman bagi kulit bayi Anda harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  1. Melihat kadungan yang ada dalam produk

Hindari produk-produk yang mengandung bahan kimia berlebih seperti pewarna dan pengharum yang dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit bayi sensitif. Meski sebagian besar bahan kimia berbahaya memiliki nama yang panjang dan sulit dieja, tetapi ada beberapa nama serupa yang justru merupakan bahan alami dan baik untuk bayi, seperti Sodium cocoyl isethionate (ekstrak minyak kelapa) dan Zemea propanediol (kandungan dari gula jagung).

  1. Gunakan produk yang bebas alkohol

Hindari produk yang mengandung ethyl alcohol, namun jika dalam kemasan tertulis cetearyl alcohol atau fatty alcohol, hal ini masih boleh Anda gunakan karena tidak menyebabkan iritasi pada bayi. Hal ini disebabkan karena alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi kering, baik pada kulit orang dewasa maupun pada anak-anak.

  1. Gunakan produk yang bebas pewarna dan pewangi

Setiap orang tua pasti selalu menginginkan anaknya selalu wangi. Namun Anda harus selalu berhati-hati dalam memilih produk yang berpewangi atau sebaiknya tidak menggunakan sama sekali. Pasalnya Produk perawatan bayi yang mengandung pewarna dan pewangi dikhawatirkan dapat mengganggu sistem pernapasan pada bayi dan menimbulkan iritasi.

  1. Cek kondisi kemasan, lihat aturan pakai, dan label peringatan

Lihat apakah kemasannya baik, kemudian cek waktu kadarluarsa produk. Sebelum digunakan ke kulit bayi, sebaiknya tes dulu pada kulit bayi. Caranya oleskan sedikit produk pada area tangannya, kemudian tunggu hingga beberapa jam. Jika muncul ruam atau gatal, kemungkinan produk tersebut tidak cocok untuk kulit bayi Anda.

Bila Anda sudah menerapkan tips-tips di atas namun tetap timbul ruam dan iritasi pada kulit bayi Anda, sebaiknya segera hentikan penggunaan produk tersebut dan konsultasikan pada dokter. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://ibudanbalita.com/artikel/4-kiat-memilih-produk-perawatan-bayi

hellosehat.com/parenting/kulit-bayi/cara-memilih-produk-perawatan-kulit-bayi-sensitif/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store