Tips Cara Mendidik Anak Yang Nakal, Bandel, Dan Susah Diatur

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

141

Mendidik anak yang nakal, bandel, dan susah diatur untuk menjadi anak yang patuh dan penurut memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Diperlukan kesabaran dan usaha serta kerja keras yang ekstra untuk terus mengajarkan dan mendidik mereka menjadi seseorang yang penurut dan patuh pada semua perintah baik yang diberikan orangtuanya.

Mendisiplinkan anak yang nakal dan membuat mereka mematuhi semua perkataan kita, tidak bisa dilakukan dengan jalan kekerasan. Justru sebaliknya, kekerasan akan membuat anak Anda semakin liar dan tidak takut dengan siapapun. Dalam hal ini orangtua harus mampu menerapkan pola asuh dan cara mendidik anak yang nakal menjadi patuh dan penurut namun tidak dilakukan dengan jalan kekerasan seperti main pukul, main cubit, atau ancaman, sehingga tidak akan berdampak buruk terhadap pertumbuhan anak.

Nah, berikut tips cara mendidik anak yang nakal, bandel dan susah diatur.

  1. Tidak memberikan predikat nakal pada anak

Ketika anak Anda nakal dan bandel, maka Anda sebagai orang tua janganlah sekali-kali memberikan label yang buruk pada mereka. Contohnya “kamu anak yang nakal, bandel, susah diatur.” Perkataan tersebut justru akan menjadikan anak semakin nakal, dia beranggapan bahwa sifat nakal yang dimiliki adalah karakternya, sehingga akan menyusahkan anda sebagai orang tua untuk mendidiknya.

  1. Didik anak secara agama

Pendidikan agama yang ditanamkan sejak dini akan memberikan pengajaran terhadap anak tentang baik dan buruk dalam kehidupan ini. Anak yang nakal juga perlu untuk ditanamkan pendidikan agama agar sifat nakal yang dimiliki anak tersebut diharapkan dapat hilang dan anak tersebut menjadi baik. Pendidikan agama yang ditanamkan pada anak nakal akan membuat kesadaran bahwa sifat nakalnya mempunyai dampak yang buruk bagi dirinya. Mengingat agama menjadi pendoman bagi semua ummat manusia di dalamnya terdapat berbagai aturan juga norma untuk mengatur hidup manusia juga sebagai alasan dalam hidup ini.

  1. Selalu berikan contoh yang baik pada anak

Seperti sebuah pepetah mengatakan bahwa buah tak jauh jatuh dari pohonnya. Hal ini menggambarkan bahwa sikap orang tua akan menjadi cerminan dari sikap anak. Ketika orang tua memberikan contoh yang kurang baik, anak tersebut akan mulai mengikuti perilaku orang tuanya. Sehingga disarankan, jika anda menginginkan anak yang baik, maka tunjukkan sikap baik didepan anak.

  1. Terapkan aturan dan berikan sangsi yang tegas

Anda sebagai orang tua harus membuat suatu aturan guna memberikan pengarahan bagi sang anak dan menanamkan pada akan nilai-nilai serta moral-moral pada sang anak. Jika anak tidak mau mendengar anda sebaiknya memberikan sangsi, tapi bukan sanksi dalam hal kekerasan yah. Sebagai contoh  ketika anda memberlakukan peraturan jam belajar dari jam 7 sampai jam 8,  sementara anak anda sibuk bermain game di komputernya. Maka berikan ia sanksi seperti mengambil komputernya dan tidak mengizinkan ia bermain game sampai waktu belajar dimalam hari diselesaikannya. Dengan begini anak akan dengan perlahan menyelesaikan kewajibanya sebelum mengambil hak-haknya.

  1. Bersikap lemah lembut

Sikap lembut tentunya akan lebih disukai bagi sang anak daripada sikap kasar yang diberikan oleh orang tua. Memang sikap kasar akan selalu membekas pada anak akan tetapi ingatan akan sikap kasar anak hilang dengan memperlalukan anak dengan lemah lembut. Karena ketika anda berperilaku kasar kepada anak, tidak jarang anak tersebut akan menjadi anak yang nakal dan susah untuk diatur dan hal tersebut akan menjadi gangguan psikologi pada anak.

Demikian tadi pembahasan tentang cara menghadapi anak yang nakal, bandel dan susah diatur. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk anda sebagai orang tua. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://terapipsikologi.com/?cara-mendidik-anak-nakal,100

https://bidanku.com/cara-menghadapi-dan-mendidik-anak-bandel-dan-nakal-agar-patuh-dan-menurut


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store