TIPS CARA MENGATASI SEMBELIT SAAT TRAVELING

68

Menurut sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa 40 persen orang yang melakukan perjalanan atau berwisata ke tempat yang jauh mengalami sembelit atau susah buang air besar. Pakar kesehatan menyebut munculnya sembelit saat berwisata atau melakukan perjalanan jauh karena saluran pencernaan tidak bisa berfungsi dengan normal. Bahkan, banyak orang yang mengaku hanya mampu buang air besar hingga tiga kali saja dalam seminggu. Penyebab dari hal ini adalah pola makan yang berubah. Saat berada di rumah, kita bisa menerapkan kebiasaan makan yang sehat, namun saat berada di perjalanan, kita akan mengonsumsi makanan dengan sembarangan dan cenderung kurang serat. Selain itu, tubuh yang kelelahan karena melakukan perjalanan jauh juga akan membuat pergerakan usus melambat.

Sembelit saat traveling bisa membuat kita tidak bisa menikmati perjalanan atau berbagai tempat wisata. Karena alasan inilah kita sebaiknya mencegah sembelit saat traveling. Caranya tidak harus dengan minum obat pencahar yang bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan, melainkan dengan menerapkan gaya hidup yang jauh lebih sehat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah sembelit saat traveling.

  1. Mengonsumsi makanan yang berserat

Serat diketahui menjadi asupan terbaik dalam mencegah sembelit. Pasalnya, serat bermanfaat untuk melancarkan pergerakan usus sehingga memudahkan buang air besar. Sumber seratyang bisa Anda pilih sebagai teman perjalanan di antaranya buah-buahan, sayuran, sereal gandum utuh, dan roti. Namun, hindari konsumsi buah dan sayuran mentah yang rentan dengan bakteri penyebab diare. Jadi, ketimbang membeli buah atau sayuran di tengah perjalanan yang belum terjamin kebersihannya, baiknya siapkan buah dan sayur dari rumah dan pastikan semuanya telah matang dengan sempurna.

  1. Mencukupi kebutuhan air putih

pakar kesehatan menyebut penyebab lain dari sembelit saat traveling adalah kurang minum air putih. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan menyerap banyak air dari usus untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Akibatnya, tekstur feses menjadi lebih keras sehingga membuat Anda sulit BAB saat bepergian. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih, jus buah, atau cairan bening seperti sup untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Ini dapat membantu melunakkan feses yang menumpuk dalam saluran pembuangan Anda sehingga buang air besar menjadi lebih lancar tanpa sembelit.

  1. Hindari mengonsumsi minuman berkafein

Saat traveling, kita sering mampir di kafe atau tempat yang menyediakan minuman yang berkafein seperti kopi, teh dan cola. Jika anda merasa haus, sebaiknya anda hindari mengonsumsi jenis minuman yang mengandung kafein tersebut. karena bisa jadi minuman tersebut dapat membuat anda lebih cepat haus dan dehidrasi. Akibatnya anda akan mengalami sembelit. Selain itu, hindari juga mengonsumsi susu karena susu juga dapat menyebabkan sembelit.

Itulah beberapa cara untuk Mengatasi Sembelit saat traveling, semoga bermanfaat dan salam sehat. Selamat berlibur.

Daftar Pustaka

https://klikdokter.com/info-sehat/read/3618983/cara-mudah-atasi-sembelit-saat-traveling

https://covesia.com/lifestyle/baca/64956/tips-atasi-sembelit-saat-traveling


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store