TIPS CARA PERAWATAN UNTUK PEMULIHAN PASCA OPERASI CESAR

91

Memulihkan diri setelah operasi caesar memang berbeda dibandingkan pemulihan setelah melahirkan dengan proses normal. Setelah caesar, Anda perlu tinggal sedikit lebih lama di rumah sakit, sekitar 3-4 hari. Selain agak sulit berjalan dan bangun dari tempat tidur, Anda mungkin juga merasa lebih sulit untuk buang air besar. Rata-rata dibutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk tubuh kembali pulih pasca operasi caesar. Selain itu, setidaknya perlu waktu dua bulan untuk istirahat, hingga Anda dapat kembali beraktivitas seperti biasa. Untuk membantu Anda mengatasi masalah ini, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar proses pemulihan cepat.

  1. Rajin Merawat Luka Bekas Operasi

Anda harus rajin untuk membersihkan atau merawat bekas luka, hal ini sangat penting untuk menghindari risiko iritasi maupun infeksi. Anda dapat menggunakan obat yang telah diresepkan oleh dokter. Selain itu, Jaga kebersihan luka hingga luka benar-benar sembuh total. Jangan lupa untuk rajin melakukan pengecekan ke  dokter setelah proses melahirkan.

  • Menggerakan Anggota Tubuh Secara Perlahan-lahan

Setelah operasi memang disarankan untuk istrahat yang cukup, namun bukan berarti tidur sepanjang hari. Anda dapat menggerakan anggota tubuh secara perlahan setelah 24 jam proses operasi caesar. Tidak perlu berjalan jauh, Anda bisa mulai menggerakan anggota tubuh di atas tempat tidur saat masa pemulihan. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, Dengan bergerak secara perlahan, akan membuat Anda terbiasa untuk menggerakan anggota tubuh lainnya. Anda juga akan terbiasa dengan luka jahitan yang terdapat di tubuh. Dalam waktu tertentu, rasa nyeri akibat luka jahitan akan hilang dengan sendirinya jika Anda terus berlatih untuk bergerak secara perlahan. Dalam beberapa hari setelah operasi caesar, Anda sudah bisa mulai berlatih untuk bangun dari tempat tidur dan berjalan secara perlahan.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setelah operasi cesar adalah makanan yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Anda dapat mengonsumsi  makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk membantu proses pemulihan sekaligus mencegah infeksi. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung serat untuk melancarkan metabolisme tubuh sehingga ibu terhindar dari susah buang air besar. Sebaiknya setelah operasi caesar, Anda perlu menghindari mengejan terlalu keras saat buang air besar untuk menghindari sakit pada luka jahitan.

  • Istirahat cukup

Meski memiliki bayi yang baru lahir membuat kurang tidur, tetapi usahakan untuk mencukupi waktu istirahat. Anda dapat tidur selama bayi juga tidur. Ini penting agar tubuh Anda cepat pulih setelah operasi. (RA)

Sumber :

Baby Center. Your Postpartum Health. Recovering From Birth. Recovering from a c-section 

Ten things to do after surgery https://www.verywellhealth.com/ten-things-to-do-after-surgery-3156891 Diakses pada 18 Juli 2018.