Tips Cerdas Memilih Obat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

272

Beberapa dari kita pasti pernah merasakan sakit, entah itu sakit ringan ataupun berat. Untuk sakit ringan seperti flu, sakit kepala atau demam kita biasanya mengkonsumsi obat yang kita dapatkan dengan cara membeli di apotek, toko obat atau warung.

Namun jangan lupa, tentunya ada aturan yang harus diperhatikan jika minum obat. Mengkonsumsi obat yang tidak tepat bisa berakibat fatal. Nah, berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika memilih dan membeli obat secara bebas (tanpa resep dokter).

  • Perhatikan Golongan Obat

Obat dibagi menjadi beberapa golongan; ada obat bebas, bebas terbatas, obat keras, dan obat psikotropika. Obat bebas dan obat bebas terbatas banyak dijumpai dipasaran. Pemakaian obat-obatan jenis ini tidak memerlukan resep dokter, dapat dibeli mulai dari apotek hingga toko obat dan warung. Kemasan dari obat ini dapat dijumpai lingkaran berwarna hijau dan biru. Obat bebas dan bebas terbatas yang biasanya dijual dipasaran adalah obat panas/demam, obat flu batuk, dan lain-lain. Namun yang harus diingat adalah  penggunaan jangka panjang dari obat-obatan ini tidak dianjurkan karena tetap saja bisa berefek tidak baik untuk fungsi hati dan ginjal.

  • Jangan gegabah menggunakan Antibiotika

Jangan membeli antibiotika tanpa resep dari dokter. Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk melumpuhkan atau membunuh kuman atau bakteri yang menyerang tubuh kita. Obat antibiotik yang telah dikenal luas oleh masyarakat adalah Penisilin, Amoksisilin, Ampisilin, dan lain-lain.

Terdapat berbagai macam jenis kuman ataupun bakteri yang dapat menyerang tubuh manusia, antibiotik yang dibutuhkan untuk melawan kuman tersebut pun bermacam-macam jenisnya. Salah memilih antibiotik justru akan membuat bertambah kuat dan membuat penderitanya tak kunjung sembuh. Oleh karena itu berkonsultasilah pada dokter untuk konsumsi antibiotik.

  • Jangan memberikan obat yang sedang anda konsumsi kepada orang lain, walaupun dia menderita gejala yang sama seperti yang anda rasakan.
  • Periksalah tanggal kadaluarsa obat.
  • Perhatikan kemasan obat yang anda beli, jika terlihat kemasannya ada yang rusak atau berubah warna jangan mengkonsumsi obat tersebut.

Demikian penjelasan mengenai cara memilih obat yang tepat, semoga bermanfaat. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Firdaus AA. Tips cerdas memilih obat. https://kesehatanmuslim.com/tips-cerdas-memilih-obat/
  2. Wibowo A. 2010. Cerdas memilih obat dan mengenali penyakit. Penerbit Lingkar Pena.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store