Tips Diet Untuk Mencegah Terjadinyan Kanker

202

Banyak dugaan kanker terkait dengan genetik, tetapi penelitian yang telah dilakukan juga menunjukkan apa yang Anda masukkan ke tubuh Anda juga mempunyai peranan penting terkait dengan resiko kanker. The Physicians Committee for Responsible Medicine, sebuah lembaga non-profit yang mempromosikan pengobatan pencegahan baru-baru ini merekomendasikan acuan yang bisa dilakukan oleh semua orang yang peduli dengan kesehatan. Rekomendasi ini baru saja dipublikasikan di the Journal of the American College of Nutrition.  Berikut adalah enam aturan utama diet untuk menurunkan resiko terjadinya kanker.

  • Batasi konsumsi produk susu

Baik susu rendah lemak maupun susu biasa mengandung nutrisi berguna seperti kalsium dan vitamin D, tetapi penelitian menunjukkan bahwa produk susu dan turunannya juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker, terutama kanker prostat.

Para peneliti merekomendasikan para pria untuk mengkonsumsi produk susu sesekali saja. Peneliti menemukan pada pria yang mengkonsumsi susu akan meningkatkan resiko kanker prostat. Bahkan pada penelitian yang sama menemukan pria yang mengkonsumsi suplemen kalsium akan meningkatkan resiko terkena kanker prostat yang fatal sebanyak 51% dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen kalsium.

  • Nikmati produk kedelai

Kedelai merupakan jenis kacang yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan para remaja putri yang mengkonsumsi kacang kedelai akan menurunkan resiko terkena kanker payudara pada masa dewasa dibandingkan mereka yang tidak teratur mengkonsumsi kedelai.

  • Batasi konsumsi daging merah dan daging yang diproses

Ada banyak jenis sandwich yang mungkin berbahaya untuk kesehatan Anda. kanker rektum dan kanker usus mempunyai kaitan erat dengan daging merah dan daging yang diproses. Analisis dari 80 penelitian yang dilakukan sebelumnya konsumsi daging merah sebanyak 120 gram dapat meningkatkan resiko  kanker usus dan kanker rektum sebanyak 28%.

  • Makan lebih banyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran sangat kaya akan antioksidan yang akan mengurangi resiko kerusakan sel dari radikal bebas. Antioksidan juga dapat mengurangi resiko berbagai penyakit dan infeksi.

Penelitian membuktikan dengan meningkatkan konsumsi sayur-sayuran seperti brokoli dan kembang kol dapat menurunkan resiko terkena kanker sebanyak 18%. Wanita yang mengkonsumsi sayuran kaya karoten seperti wortel dan ubi dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara sebanyak 19%.

  • Menurunkan konsumsi alkohol

Pecinta bir dan anggur harus berhai-hati. Penelitian membuktikan bahwa dengan menurunkan konsumsi alkohol dapat menurunkan resiko kanker mulut, kanker laring, kanker esofagus, kanker kolon, kanker rektum dan kanker payudara.

  • Menghindari konsumsi makanan yang dipanggang 

Dengan mengolah makanan dengan cara memanggangnya,  bahan kimia yang berasal dari alat pemanggang atau arang yang dihasilkan sangat berpotensi karsinogenik dan dapat merusak gen manusia. Makanan yang dipanggang akan meningkatkan resiko terkena kanker kolon, kanker rektum, kanker payudara, kanker prostat, kanker ginjal dan kanker pankreas.

Sumber: cbsnews