Tips Gaya Hidup Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

116

Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang dengan manfaat kesehatan yang menyeluruh bagi tubuh dan kehidupan Anda. Meningkatnya kesehatan tubuh, mental dan emosional, akan turut meningkatkan kualitas hidup Anda serta membawa pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar Anda. Dalam upaya memiliki kesehatan tubuh yang sempurna, tindakan pertama yang wajib Anda lakukan adalah menumbuhkan niat untuk melakukannya secara konsisten. Setelah itu, Anda dapat melakukan tips seperti berikut untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

  1. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur akan membantu membuat tubuh menjadi prima, karena pada setiap hari otot-otot kita butuh peregangan setelah sekian lama menjalani aktifitas padat. Sebaiknya Anda memilih olahraga ringan yang dapat dilakukan dengan santai. Misalnya lari pagi, bulutangkis, tenis meja, atau minimal streching setiap pagi atau dua hari sekali. Bahkan berjalan kaki sejauh 500 meter itu juga sudah merupakan olahraga yang cukup baik.

  1. Minum air putih yang cukup

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Connecticut di Amerika Serikat, kehilangan 1,5% volume air dari tubuh dapat menurunkan mood atau suasana hati. Selain itu, kurang mengonsumsi air putih juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang gejalanya adalah badan lemas, mudah cemas, dan sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Anda dapat mengonsumsi air putih kira-kira 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Tapi, jika Anda sedang melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat yang banyak, Anda dapat mengonsumsi air lebih dari jumlah tersebut.

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Penelitian yang dipublikasikan di the American Society for Nutrition (ASN) Annual Meeting di Experimental Biology 2015 di Boston, Amerika Serikat, menemukan bahwa responden yang mengonsumsi sayuran hijau dua porsi setiap hari memiliki fungsi kognitif yang lebih baik. Jadi di anjurkan bagi anda untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayur dalam sehari. Meski awalnya sulit, cobalah untuk melakukannya secara bertahap.

  1. Tingkatkan hubungan dengan orang di sekitar Anda.

Meningkatkan hubungan dengan sesama akan memberikan rasa nyaman bagi masing-masing pihak. Sebaiknya anda melakukan ktivitas yang merangsang kreativitas otak bersama orang di sekitar Anda. Baiknya aktivitas ini dimulai sedari kecil dibarengi dengan pendidikan formal yang saling mendukung. Menurut para ahli saraf, melakukan aktivitas seperti ini akan lebih berpengaruh pada kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan dibanding permainan komputer yang dimainkan secara individu.

Ingatlah! Sehat itu mahal. jika Anda sakit, apapun yang kita punya bisa habis terjual buat berobat, oleh karena itu jika Anda ingin berhemat, maka jalani saja pola hidup sehat. Hidup sehat sendiri sangat sederhana. Anda cukup melakukan dengan menajalankan tips di atas. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/CM)

Daftar pustaka

  1. https://www.klikdokter.com/infosehat/read/3613773/panduan-gaya-hidup-untuk-tubuh-yang-lebih-sehat
  2. https://tipsibu.com/2018/01/15/artikel-pola-hidup-sehat/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store