TIPS HIDUP SEHAT ALA ANAK KOS

4

Kehidupan anak kos sering dikaitkan dengan gaya hidup serba “menderita” baik secara finansial, pola kebiasaan tidur maupun pola makan sehari-hari. Hal seperti inilah yang kadang memicu anak kos untuk hidup secara sembarangan sehingga jauh dari kata hidup sehat.

Hidup sehat sangat penting dilakukan, baik untuk anak kos maupun untuk kita semua. Karena dengan hidup sehat akan membantu kehidupan kita semakin produktif dan pastinya terhindar dari berbagai penyakit.  Hidup sehat ala anak kos tidak hanya seputar makanan dan jam tidur saja. Dekorasi kamas kos dan cara berpikir juga memengaruhi kesehatan tubuh Anda sebagai anak kos. Agar bisa tetap hidup sehat walaupun tinggal sebagai “anak kos-an”, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Merapikan kamar

Salah satu cara agar Anda bisa menjalani hidup sehat ala anak kos adalah mengatur dan merapikan kamar dengan baik. Beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti mendekorasi kamar yang disesuaikan dengan selera Anda, mengatur penerangan agar Anda tetap merasa tenang dan nyaman di dalam kamar kos, serta menjaga agar kamar tetap bersih dan rapi. 

  • Jangan lupakan sarapan

Manfaat dari rutin sarapan setiap hari adalah memberikan energi agar tetap fokus menjalani hari. Sarapan memang kelihatannya sulit dilakukan oleh anak kos, tetapi Anda bisa melakukan beberapa hal ini sehingga sarapan tidak akan terlewatkan:

  • Sarapan dengan potongan buah segar untuk menghemat waktu dan bisa dibawa sebagai bekal. 
  • Mengawali hari dengan menyantap semangkuk sereal dan susu karena tidak perlu dimasak terlebih dahulu. 
  • Makan roti dan telur dadar agar kebutuhan protein dan karbohidrat terpenuhi. 

Kebiasaan sarapan juga bisa membantu menjaga berat badan karena melewatkan sarapan justru akan membuat Anda makan lebih banyak saat siang. Karena itu, usahakanlah untuk selalu sarapan agar bisa mengawali hari yang lebih sehat. 

  • Banyak minum air putih

Pastikan bahwa Anda meminum air putih yang banyak setiap harinya. Bahkan, perbanyaklah minum air putih dibandingkan minuman lainnya. Hal ini agar Anda tetap terhidrasi dan mengurangi rasa lelah akibat dehidrasi. Karena bila dehidrasi terjadi, maka Anda akan lebih mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. 

  • Membawa bekal sendiri

Selain makan tiga kali sehari ditambah dengan cemilan, hidup sehat ala anak kos bisa dijalani dengan tips terbiasa menyimpan stok makanan. Manfaatkanlah kulkas untuk menyimpan persediaan bahan makanan. Selain lebih hemat, memasak sendiri untuk bekal justru lebih menyehatkan dibandingkan beli diluar.

  • Berolahraga

Hidup sehat ala anak kos bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari. Tidak perlu datang ke gym atau mengikuti kelas yang menguras tabungan, cukup meluangkan waktu setiap pagi atau sore agar bisa jogging.

Hidup sehat ala anak kos memang terdengar agak sulit dilakukan, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Yang terpenting adalah tekad Anda untuk tetap hidup sehat di tengah keterbatasan yang dimiliki. (RD/PAY)

Referensi:

  • UNC Healthy Heels. 8 Tips for a Healthier Dorm Room. 2017
  • Health Williams Edu. Living a Healthy Lifestyle. 2019