Tips Jenis Olahraga Untuk Melatih Pernafasan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

108

Banyak pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan agar tubuh sehat. Mulai dari olahraga permainan seperti futsal, bulutangkis, atau voli. Olahraga air seperti renang dan polo air. Atau olahraga senam seperti aerobik, yoga atau senam lantai. Beberapa di antara olahraga tersebut ternyata dapat melatih pernapasan Anda. Olahraga yang baik bagi pernapasan adalah olahraga yang baik juga bagi penderita asma atau orang yang memang tidak bisa mengambil napas panjang. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh University of Portsmouth, otot pernapasan memang perlu dilatih agar dapat melakukan performanya yang baik. Jika Anda giat berlatih, maka performa pernapasan Anda dapat naik sebesar 15 persen daripada orang yang tidak melakukan latihan pernapasan. Latihan apa sajakah itu? berikut jenis olahraga dan penjelasannya.

  1. Berjalan Kaki

Mula-mula, Anda bisa meningkatkan ketahanan jantung dan paru dengan berjalan kaki. Berjalan-jalan bisa membakar kalori dan mudah dilakukan kapanpun di manapun juga. Setelah Anda sudah mulai terbiasa dengan berjalan, Anda bisa meningkatkan lagi dengan berjalan cepat selama 30 menit per hari.

  1. Jogging

Jogging atau lari merupakan salah satu olahraga yang dapat meningkatkan sistem kardiovaskular Anda. Ketika Anda melakukan latihan kardio, maka 80 persen latihan kardio Anda dilakukan oleh diafragma. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brunel University, memperkuat diafragma dapat memaksimalkan kinerja sistem pernapasan Anda yang dapat juga meningkatkan stamina dan menambah daya tahan tubuh. namun, Beberapa orang mungkin tidak menyukai olahraga ini, padahal berlari adalah salah satu olahraga sederhana yang bahkan tidak banyak membutuhkan alat bantu tapi kaya akan manfaat salah satunya yaitu meningkatkan daya tahan jantung dan pembuluh darah.

  1. Bersepeda

Bersepeda pada dasarnya juga dapat melatih pernapasan Anda.menurut Lance Armstrong, seorang atlet balap sepeda memiliki kapasitas paru-paru yang luar biasa. Kapasitas paru-paru dari atlet ini adalah 8 liter, 2 liter lebih banyak dari kapasitas paru-paru tiap orang. Caranya yaitu  tariklah napas Anda secara cepat dan dalam lalu keluarkan secara perlahan. Jika Anda melakukan kegiatan ini setiap hari, maka kapasitas paru-paru Anda juga dapat semakin tinggi dan sistem pernapasan Anda dapat bekerja dengan maksimal.

  1. Berenang

Olahraga selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk melatih pernapasan Anda adalah berenang. Berenang dengan posisi yang benar dan sistem pernapasan yang benar dapat memberi manfaat dan menjadikan teknik berenang kita benar secara keseluruhan. Sebuah gerakan yang benar dengan menciptakan ruang udara di samping wajah Anda hingga Anda dapat menarik udara disana. Mengeluarkan napas Anda di bawah air dan memungkinkan Anda dapat menarik napas kembali adalah teknik pernapasan pada saat berenang.Selain itu, berenang juga bisa meningkatkan ketahanan jantung paru dan mengencangkan otot. Berenang dengan gaya bebas bisa membakar kalori hampir sama dengan jogging.

Itulah beberapa tips olahraga yang dapat membantu melatih pernafasan anda. Tapi, selain latihan diatas hal yang paling penting yaitu anda harus menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/kehabisan-napas-main-badminton/

gurupenjaskes.com/jenis-olahraga-untuk-melatih-pernapasan


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store