Tips Makan Larut Malam Tanpa Meningkatkan Berat Badan

273

Jangan makan saat sudah larut karena dapat menyebabkan kegemukan. Kata-kata ini tentu sudah sering Anda dengar bukan? Tetapi ini adalah suatu kesalahpahaman yang sudah umum terjadi. Faktanya adalah berat badan Anda dapat naik atau turun tergantung dari seberapa banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda, dan seberapa banyak kalori yang Anda bakar dalam sehari.

Cara makan yang salah memang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Duduk di meja makan yang penuh dengan makanan berkalori tiggi dan Anda menghabiskannya tetapi Anda tidak melakukan aktivitas apapun dapan memperlambat proses metabolisme Anda.

Anda dapat makan malam dengan makanan yang berisi kombinasi protein dan sayuran yang tidak hanya akan membuat Anda kenyang, tetapi juga Anda hanya memasukkan kalori yang sangat rendah ke dalam tubuh dan hal ini dapat mempercepat proses metabolisme tubuh Anda.

Berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti jika Anda merasa kelaparan saat sudah larut malam:
Makan makanan berserat
Sayuran kaya akan serat, misalnya brokoli, bayam yang dapat membuat Anda dapat membuat Anda kenyang tanpa menambah banyak kalori ke dalam tubuh.

Rencanakan pola makan Anda
Rencanakan pola makan Anda dalam 1 hari dan barengi dengan aktivitas Anda agar dapat membakar kalori yang Anda makan saat itu. Ada pepatah yang mengatakan Sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti pengemis.

Kudapan sebelum makan malam
Makan kudapan ringan yang mengandung protein dan serat si sore hari akan mengurangi keinginan Anda makan malam dengan rakus. Kudapan yang sehat misalnya biskuit dari gandum utuh, keju rendah lemah, yoghurt, dan sepotong apel atau pear yang diolesi selai kacang.

Makan di meja makan
Makan di depan televisi dapat memecah konsentrasi Anda saat makan. Duduklah di meja makan Anda dan makan sesuai porsi yang normal, dan sembunyikan kudapan-kudapan lainnya ke dalam lemari.

Minum
Sebelum mengambil kudapan, minumlah segelas air dingin atau segelas teh herbal. Tunggu beberapa menit dan lihatlah apakah Anda masih lapar atau tidak. Terkadang dehidrasi dapat menimbulkan gejala seperti kelaparan.

Langsung tidur
Segeralah pergi ke kamar tidur dan jangan tergoda untuk pergi ke dapur. Suatu penelitian mengatakan tidur yang tidak nyenyak dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormonal menimbulkan rasa lapar saat siang hari.

Sumber: foxnews