Tips Makanan Sehat Untuk Menurunkan Gula Darah

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

160

Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga atau yang sedang mengalami kondisi pre-diabetes, maka sebaiknya kadar gula darah harus diperhatikan dan dijaga dengan ketat. Jika saat ini gula darah Anda sudah meningkat, hal yang harus Anda lakukan dengan cepat adalah membuatnya normal kembali. Selain dari obat-obatan yang mungkin akan diberikan oleh dokter, Anda juga bisa menurunkan gula darah dari memperbaiki pola makan. Anda harus selalu memperhatikan dan memilih jenis makanan yang dikonsumsi yang dapat membantu menurunkan gula darah. Makanan apa saja itu? Berikut penjelasannya.

  1. Ikan yang mengandung zat omega 3

Sampai dengan sekarang sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa ikan yang mengandung omega 3 dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Ikan yang mengandung protein baik untuk menurunkan gula darah berlebih di dalam tubuh. Selain itu, ikan juga tidak terbukti menaikan atau menurunkan gula darah ketika Anda memakannya. Dengan makan ikan, protein yang terkandung bisa menimbulkan kenyang, dan Anda tidak perlu makan makanan tambahan yang mungkin malah menaikan gula darah. Anda dapat memilih jenis ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, ikan halibut (di Indonesia disebut ikan sebelah) dan ikan trout.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki potensi untuk membantu mengelola gula darah. Penelitian menunjukkan asupan bawang putih dapat menurunkan gula darah puasa yang merupakan kadar gula darah sebelum makan. Hal ini disebabkan karena bawang putih tidak memiliki karbohidrat. Selain itu, menurut sebuah penelitian isebutkan bahwa bawang putih juga membantu menjaga kadar kolesterol serta lemak di dalam tubuh. Tentu, kadar kolesterol yang normal juga akan berdampak baik bagi gula darah.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal yang menjadi komponen penting untuk mengendalikan kadar gula dalam darah yang normal. Lemak baik tersebut bekerja dengan cara meningkatkan kerja hormon insulin, sehingga gula tidak menumpuk di dalam darah. Jadi, dengan mengonsumsi buah alpukat dapat mengurangi risiko diabetes.

  1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran hijau, misalnya bayam mengandung nutrisi, seperti magnesium dan vitamin A yang dapat membantu menurunkan gula darah. Selain bayam, sayuran lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kale, lobak, kubis, dan selada. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi sayur dapat menurunkan risiko naiknya gula dan diabetes hingga 14 persen. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu sediakan sayur dalam setiap menu makan Anda. Anjuran sayuran yang harus dimakan dalam satu hari adalah sebanyak 250 gram sayur atau setara dengan dua setengah porsi sayur yang telah dimasak.

Selain 4 jenis makanan diatas, makanan yang tak kalah pentingnya yaitu telur, kakao, buah beri dan almond.  Selain Anda mengonsumsi makanan diatas, sebaiknya Anda juga harus mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Misalnya dengan memiliki jadwal makan yang rutin dan menyesuaikan porsi makan dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://halodoc.com/inilah-7-makanan-yang-dapat-menurunkan-gula-darah

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/makanan-kadar-gula-darah-normal/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store