Tips Membuat Makanan Tahan Lama

117

Kita semua tentu tidak suka membuang makanan bukan? Tetapi membiarkan bahan makanan membusuk di kulkas sama saja dengan membuang makanan. Masalahnya makanan merupakan benda yang sensitif dan mudah rusak. Satu kentang busuk dapat menyebabkan kerusakan pada kentang lain yang ada dalam satu keranjang. Begitu juga dengan tomat dan sayuran lainnya. Alasan utama mengapa makanan mudah rusak adalah karena kelembaban yang terkandung didalamnya. Mereka bisa mengeluarkan uap air melalui pori-pori kulit dan membusuk dari dalam. Itulah alasan mengapa penting untuk mempersiapkan dan melindungi bahan makanan yang sudah Anda beli sebelum memyimpannya ke dalam kulkas.

 

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan agar makanan Anda lebih tahan lama:

  • Wadah penyimpanan kedap udara

Simpan sayur-sayuran Anda dalam wadah kedap udara. Wadah ini akan mencegah uap air keluar dan buah atau sayur membusuk.

  • Bekukan

Proses membekukan makanan baik dilakukan pada buah-buahan golongan berry seperti strawberry, raspberry, cherries. Letakkan buah-buahan tersebut dalam kantong plastik kedap udara (zip lock bag) dan letakkan di freezer. Buah-buahan ini akan bertahan selama 6 bulan.

  • Lemari yang kering dan sejuk

Pilihlah lemari penyimpanan yang sejuk dan kering untuk lokasi penyimpanan bahan makanan Anda. Sayur-sayuran kering seperti bawang, kentang dan bawang putih dapat disimpat di tempat tersebut. Letakkan kentang didalam kantong kertas disertai 2-3 butir cengkeh. Kentang itu akan bertahan 1-2 minggu setelah pembelian. Lakukan pembersihan lemari setiap 6 bulan sekali.

  • Bungkus dengan aluminium foil

Bungkuslah sesisir pisang dengan menggunakan aluminium foil, ini akan membuat pisang bertahan selama 5 hari dan mencegah terjadinya noda pada pisang.

  • Bersihkan

Bersihkan kulkas Anda menggunakan cairan desinfektan setiap 1-2 minggu sekali untuk mencegah munculnya jamur dan menjaga kelembabannya. Bersihkan seluruh bagian bagian kulkas setiap 3 bulan.

  • Atur temperatur dengan benar

Terkadang suhu yang bnaik-turun didalam kulkas dapat merusak makanan didalamnya. Pastikan temperatur kulkas berada pada 3°C-6°C.

  • Simpan bahan makanan dalam temperatur yang benar

Ada makanan yang dapat disimpan dalam suhu ruangan, sejuk, tempat yang kering, misalnya alpukat, bawang putih, plum, kiwi, melon, kentang, dan nanas. Pastikan Anda sudah membersihkan lemari penyimpanan sebelum meletakkan makanan. Makanan yang perlu disimpan dalam kulkas seperti jangung, apel, mentimun, brokoli, jahe, anggur, wortel. Jamur harus dibungkus terlebih dahulu dengan keras dan letakkan dalam kantong kedap udara.

 

Sumber: boldsky