Tips Memilih Sepatu Olahraga Yang Tepat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

128

Memilih sepatu yang sesuai dapat meningkatkan performa kita dalam berolahraga. Sepatu yang tepat juga dapat meminimalisir cedera. Oleh karena itu, berbeda jenis olahraganya, maka berbeda pula jenis sepatunya. Sol sepatu olahraga menawarkan fungsi olahraga khusus yang dapat membantu kinerja Anda. Fitur utama dan gaya utama juga mempengaruhi, seperti daya cengkram, fleksibilitas, berat, dan bahkan pelepasan komponen.

Kesalahan memilih sepatu olahraga yang menyebabkan ketidaksesuaian dengan aktivitas olahraga yang dilakukan. Hal ini dapat menimbulkan beragam keluhan, mulai dari jari kaki lecet, rasa sakit pada bagian betis (shin splint), rasa sakit pada tendon achilles di bagian belakang kaki (achilles tendonitis), nyeri punggungsakit lutut, dan sakit pinggul.

Lalu bagaimana cara memilih sepatu olahraga yang tepat? Simak artikel berikut!

Tips Membeli Sepatu Olahraga

Sebelum memutuskan membeli sepatu olahraga, pertimbangkan hal berikut:

  • Kunjungi toko sepatu khusus yang menjual sepatu olahraga. Toko ini biasanya memiliki staf yang sudah memiliki pengetahuan mengenai sepatu yang sesuai dengan kebutuhan olahraga Anda. Anda tidak perlu ragu untuk melakukan konsultasi seputar sepatu olahraga yang akan Anda beli.
  • Beli sepatu pada saat ukuran kaki maksimal, yaitu menjelang malam hari atau setelah beraktivitas seharian atau setelah Anda berolahraga. Bila Anda tidak bisa mencoba sepatu yang Anda beli tepat saat ukuran kaki maksimal, Anda dapat menanyakan apakah di toko tersebut dapat melakukan penukaran ukuran. Banyak toko sepatu yang bersedia melakukan ini dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  • Jangan percayai anggapan sepatu akan semakin nyaman setelah digunakan. Sepatu haruslah nyaman sejak pertama kali digunakan. Gunakan sepatu untuk melangkah sebelum membeli.
  • Bawa kaus kaki dari rumah yang biasa Anda gunakan. Jika Anda biasa memakai perlengkapan lain, kenakan juga bersama sepatu.
  • Hindari sepatu yang terlalu pas. Antara sepatu dan jari harus ada ruang sekitar 1 cm.
  • Bagian tumit dengan sepatu melekat dengan kuat. Jangan pilih sepatu yang terasa longgar di bagian tumit.
  • Ada jenis sepatu yang dapat digunakan untuk beberapa aktivitas sekaligus, namun jika Anda melakukan satu jenis olahraga lebih dari tiga kali tiap minggu, pertimbangkan membeli sepatu khusus untuk olahraga yang rutin Anda lakukan.

Perlu diketahui bahwa sepatu olahraga memiliki masa pakai. Setelah digunakan selama kurang lebih 6 bulan, atau 300 jam untuk olahraga aerobik atau sekitar 480-800 kilometer untuk lari, biasanya bagian dalam sepatu sudah mengalami penurunan kualitas.

Jadi jangan terlalu sayang dengan sepatu. Jika Anda rutin berolahraga, maka perhatikan juga ketahanan sepatu olahraga Anda. Merek dan harga tidak menjadi patokan, melainkan kesesuaian kaki dan aktivitas adalah yang terpenting dalam memilih sepatu olahraga. Bagaimana, apakah sepatu olahraga Anda kini sudah tepat? (EDA/STE)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store