Tips Memperlalukan Istri Yang Sedang Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

78

Bagi pasangan suami istri, kehadiran si buah hati merupakan hal yang dinanti-nantikan. Apalagi jika si jabang bayi yang ditunggu-tunggu adalah anak pertama. Namun, istri yang sedang hamil terkadang lebih ‘merepotkan’ ketimbang mempersiapkan kehadiran anak. Di saat istri sedang mengandung itulah, para suami seharusnya menunjukkan dukungan ekstra. Pastikan masa-masa kehamilan tidak hanya ditanggung sepihak oleh sang istri, tetapi juga melibatkan peran penuh dari suami.

 

Berikut yang dapat dilakukan suami untuk membantu istri yang sedang hamil.

  1. Membantu menggantikan sementara pekerjaan rumah

ketika hamil pada beberapa keadaan memang sang istri harus mendapatkan banyak waktu istirahat. Di sinilah peran suami sangat diperlukan. Di sisi lain ini kesempatan suami menafkahi istri sampai tuntas, dalam artian sampai dirasakan langsung oleh istri. Contohnya, yang biasanya hanya memberi uang belanja untuk makan, sekarang sampai ke istri sudah berupa makanan yang siap dimakan istri, yang biasanya membelikan baju istri saja, sekarang harus sudah dicuci dan disetrika tinggal dipakai oleh istri.

 

  1. Memberikan perhatian dan kasih sayang pada istri

Perhatian dan kasih sayang yang diberikan suami di masa-masa kehamilan akan membuat seorang istri merasa lebih nyaman. Memanjakan istri juga bisa membuatnya merasa sangat dicintai yang juga akan berpengaruh pada psikologisnya sang calon ibu. Calon ibu akan terhindar dari stres dan karena selalu ada suaminya disampingnya.

 

  1. Menjadi suami siaga

Berbagai komplikasi dan gangguan kehamilan bisa saja terjadi selama masa kehamilan. Untuk itu seorang suami harus siap siaga untuk mejaga sang ibu agar jika tiba-tiba terjadi sesuatu bisa segera dilarikan ke rumah sakit atau bidan terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama.

 

  1. Mencukupi kebutuhan asupan gizi

Saat baru pertama hamil, seorang istri biasanya akan merasa canggung di usia kehamilan 3 bulan pertama. Mereka juga akan merasa mual, badan mudah capek, tidur tidak nyaman, dan lain sebagainya. Pada keadaan tertentu, seorang ibu hamil memerlukan nutrisi yang lebih, di sisi lain juga harus menghindari makanan yang berbahaya bagi janin, seperti buah nanas, durian, kerang, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga siapkan camilan seperti roti dan kue kering yang tahan lama. Beberapa ibu hamil terkadang mual dan muntah ketika ia mencium aroma bumbu atau bau nasi.

 

  1. Selalu sabar menghadapinya

Menghadapi istri yang sedang hamil terkadang harus disertai kesabaran. Terkadang istri yang sedang hamil lebih sensitif dan emosional karena keadaan hormon yang tidak stabil. Jadi seorang suami harus bisa menghadapi istri dengan tenang dan maklum dengan segala tingkah istri yang diluar dari kebiasaan.  Sebagai seorang suami yang baik, ada baiknya untuk menuruti kemauan sang istri yang sedang hamil. Selain itu, indera penciuman ibu hamil juga lebih peka dari biasanya. Uniknya, hal yang paling tidak disukainya adalah bau suaminya sendiri. Makanya, beberapa waktu suami harus mandi lebih dari 3x sehari untuk membuat istrinya nyaman.

 

Peran suami sangatlah penting saat istri sedang hamil. Hal ini untuk menunjang kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

 

Daftra Pustaka

https://shopback.co.id/blog/cara-memperlakukan-istri-hamil


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store