Tips Menangani Mata Gatal Secara Alami

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

8

Biasanya orang memilih untuk mengucek matanya saat mengalami mata gatal. Padahal, hal ini justru akan membuat mata teriritasi dan merah. Menurut Pakar kesehatan mata dr. Endang Johani, SpM yang berasal dari rumah sakit Siloam Lippo Village Karawaci menyarankan kita untuk tidak mudah mengucek mata saat mata gatal. Menurutnya, kornea mata kita cukup halus dan rentan mengalami kerusakan jika kita sering menguceknya, apalagi jika dengan cara yang kasar. Ada baiknya mengatasi mata gatal dengan bahan-bahan alami yang aman untuk digunakan yang dapat Anda lakukan dirumah.

 

  1. Kompres air dingin

Pakar kesehatan mata dr. Endang Johani, SpM yang berasal dari rumah sakit Siloam Lippo Village Karawaci menyarankan cara mengatasi mata gatal dengan kompres dingin pada mata gatal. Cukup dengan menggunakan dua lembar kapas yang sudah dicelupkan pada air es, kita tempatkan kapas tersebut pada mata gatal selama 1-3 menit. Lakukan kompres pada mata gatal ini selama beberapa kali hingga rasa gatal menghilang dan mata terasa jauh lebih nyaman.

 

  1. Mentimun

Mentimun yang merupakan makanan penurun kreatinin ini memiliki sifat anti iritasi dan juga antioksidan yang bisa mengurangi radang serta iritasi penyebab mata gatal. Sifat mentimun yang dingin juga sangat baik untuk mengurangi bengkak serta lingkar hitam di bagian bawah mata. Cobalah iris satu mentimun dan letakkan irisan di lemari es selama 20 menit. Terapkan pada mata selama 15 – 20 menit lalu ulangi perawatan empat hingga lima kali dalam sehari.

 

  1. Kedipkan mata berulang kali

Menurut Pakar kesehatan mata lainnya, dr. Zeiras Eka Djamal, SpM menyarankan kita untuk mengedipkan mata berulang kali agar air mata secara alami meringankan gatal dan menghilangkan debu dan berbagai benda asing pada mata.

 

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera dikenal karena sifatnya yang menenangkan secara alami, yang dapat dikaitkan dengan komposisi kaya phytonutrisi. Kandungan lidah buaya juga anti-inflamasi dan dapat membantu meringankan gejala lain yang berhubungan dengan mata gatal. Cara pengobatan: campurkan jus lidah buaya dan dinginkan selama 30 menit.
Celupkan dua bola kapas di dalamnya dan letakkan satu di setiap mata yang gatal. Biarkan selama 10 hingga 15 menit lalu angkat. Lakukan cara ini beberapa kali setiap hari.

 

  1. Teh hijau

Teh hijau sudah dikenal sejak lama karena memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan termasuk untuk menyembuhkan mata yang gatal karena memiliki sifat anti inflamasi dan menenangkan mata. Teh hijau sangat ampuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan sensasi gatal di mata Anda. (RA/CM)

 

Daftar Pustaka

https://halosehat.com/tips-kesehatan/mata/cara-mengobati-mata-gatal


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store