TIPS MENCEGAH COVID-19 BAGI PENYANDANG PTM

49

Penyakit tidak menular (PTM) adalah jenis penyakit yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang melalui bentuk kontak apa pun. PTM dapat menyerang semua organ tubuh. Beberapa PTM yang paling banyak mengakibatkan kematian adalah penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, gangguan pernapasan kronis, penyakit ginjal, dan gangguan mental.

Penyakit tidak menular kebanyakan bersifat kronis, yaitu terjadi secara perlahan dan bisa menetap dalam jangka waktu yang lama dan menyebabkan kondisi kesehatan penderitanya menurun secara bertahap, sehingga lebih rentan terkena infeksi. Berdasarkan penelitian, COVID-19 lebih berisiko menyerang orang dengan penyakit penyerta, termasuk PTM. Pada kelompok tersebut, COVID-19 juga cenderung menimbulkan gejala dan komplikasi yang lebih berat.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah COVID-19 bagi penyandang PTM:

  • Tetap tinggal di rumah, karena Anda rentan, terutama bagi yang berusia di atas 50 tahun dengan penyakit penyerta seperti DM, hipertensi, gagal ginjal, kanker, penyakit jantung, penyakit paru kronik, atau gangguan imunologis lainnya.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh sebaik mungkin dengan makan makanan yang bergizi dan hindari konsumsi gula, garam serta lemak yang berlebihan. Konsumsi suplemen multivitamin bila diperlukan (disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Anda melalui telepon)
  • Jaga physical distancing sekitar 1,5 – 2 meter, dan hindari kerumunan atau keramaian. Selalu gunakan masker jika harus keluar rumah. Ketika batuk dan bersin, tutupi hidung dan mulut dengan tisu.
  • Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik atau lebih. Jika tidak memungkinkan, gunakan hand sanitizer yang mengandung 60% alkohol. Hindari menyentuh wajah, hidung, mata, dan lainnya sebelum mencuci tangan.
  • Pastikan waktu tidur cukup dan upayakan berjemur 15-20 menit setiap hari. Jika bekerja di rumah, upayakan untuk istirahat sejenak setiap duduk 30 menit.
  • Stop merokok dan kelola stress dengan baik.
  • Minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter. Simpan nomor kontak Dokter atau fasilitas pelayanan kesehatan tempat Anda berobat dan beberapa hari sebelum obat habis segera hubungi kontak tersebut dan konsultasikan tentang kelanjutan konsumsi obatnya.
  • Upayakan aktivitas fisik selama 30 menit /hari atau sesuai dengan saran dokter. Disarankan melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan imunitas dengan intensitas yang tepat. Parameter yang bisa digunakan adalah kita masih bisa bicara walaupun terengah-engah saat latihan fisik. Jenis latihan fisik yang dapat dilakukan di rumah adalah latihan aerobik (jalan mengelilingi rumah/naik turun tangga/senam aerobik/olahraga dengan sepeda statis atau treadmill) dan latihan anaerobik, yaitu dengan melatih kekuatan otot dengan memanfaatkan perabotan rumah seperti kursi atau dinding. (PK/PP)

Referensi:

  • WHO. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public. 2020
  • CDC US. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). People Who Are At Higher Risk. 2020
  • Kemenkes RI. Panduan Bagi Orang dengan Faktor Risiko dan Penyandang PTM di Era Pandemi Covid-19. 2020