Tips Mencegah Infeksi Saluran Kemih

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

225

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih baik pada bagian atas (ginjal hingga ureter) dan bagian bawah (kandung kemih hingga uretra). ISK merupakan salah satu dari infeksi bakteri yang umum terjadi dan telah mengenai sekitar 150 juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini lebih sering ditemukan pada wanita karena anatomi uretra wanita yang lebih pendek dan ditemukannya substansi antibakteri pada cairan prostat pria. Tips mudah yang bisa kita lakukan agar tak mudah terkena infeksi saluran kemih antara lain:

  1. Bersihkan dari depan ke belakang setelah BAB dan BAK

Setelah buang air besar atau kecil, sangat penting untuk mengusap dari depan ke belakang agar sisa kotoran tidak berisiko masuk ke uretra. Sebab hal ini merupakan penyebab ISK yang sangat umum.

  1. Perbanyak minum air putih

Minum cukup karena memang hal yang satu ini penting untuk kesehatan. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat menghindarkan kita dari terkena ISK. Minum air putih minimal 8-10 gelas sehari akan membuat tubuh untuk sering buang air kecil dan ini tentu bisa mengeluarkan bakteri-bakteri jahat dari tubuh, termasuk pula bakteri yang jadi penyebab ISK.

  1. Jangan menahan buang air kecil

Usahakan untuk jangan pernah  menahan-nahan buang air kecil, karena menahan buang air kecil dapat menyebabkan bakteri semakin berkembang di dalam kandung kemih dan memperbesar resiko terkena ISK..

  1. Pilih celana dalam yang tepa

Celana dalam yang kita pilih dapat sangat memengaruhi terjadinya ISK. Pilihlah celana dalam yang terbuat dari katun, sebab katun merupakan bahan yang lebih memungkinkan sirkulasi udara, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri. Hindari bahan yang terbuat dari sutra atau polyester, sebab bahan ini dapat menahan kelembapan dan bakteri tetap menempel pada tubuh, sehingga meningkatkan risiko ISK.

  1. Hindari semprotan dan larutan pembersih khusus miss V

Tubuh memproduksi pembersih alami untuk menjaga bagian dalam miss V tetap bersih. Jadi, hanya menggunakan sabun dan air untuk membersihkan bagian luar vagina seharusnya sudah cukup. Penggunaan kedua produk tersebut yang mengandung zat kimia dan parfum yang dapat mengiritasi uretra dan menyebabkan ISK.

  1. Gaya hidup sehat

Jaga pola makan, hindari alkohol dan rokok, olahraga teratur dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Jika perlu konsumsi vitamin, khususnya yang berasal dari sari buah cranberry, menurut penelitian juga dapat menurunkan angka kekambuhan ISK. (SA/CM)

Daftar Pustaka

Tessy A, Ardayo, Suwanto. 2006. Infeksi salauran kemih dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jilid 3. Edisi 3. Jakarta : Balai Penerbit FKUI


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store