Tips Mencegah Kebotakan Dini

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

153

Saat ini banyak sekali kaum pria yang mengalami masalah dengan kebotakan. Tidak hanya yang berusia tua tetapi juga yang masih dalam cakupan usia dewasa muda. Hal ini seringkali menyebabkan masalah dalam kepercayaan diri penderitanya. Pada artikel hari ini akan dibahas tips untuk mencegah kebotakan pada usia muda. Yuk, disimak!

  1. Ingat bahwa rambut punya minyak alami

Tubuh manusia itu punya kelenjar yang namanya sebaceous. Kelenjar ini bertugas untuk membuat dan mengeluarkan sebum. Dilansir How Stuff Works, sebum inilah yang menjadi minyak alami untuk menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala. Produksi dari minyak alami ini dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Sehingga, untuk memastikan agar kulit kepala, termasuk wajah, tidak berminyak, Anda harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, seperti menghindari konsumi gorengan, makanan dari susu, makanan berlemak, dan gula yang berlebihan.

  1. Jangan rutin keramas setiap hari

Penata rambut profesional, Alli Webb, menyatakan di situs Webmd, bahwa tidak keramas dalam beberapa hari sebenarnya tidak akan menjadi masalah. Faktanya, rambut dan kulit kepala sudah punya sebum yang akan menjaga rambut dari kerontokan. Terlebih, keramas terlalu sering bisa berbahaya untuk rambut loh! Asisten Profresor Dermatologi dari Ichan School of Medicine, Angela Lamb, menjelaskan bahwa sampo dapat membuat minyak alami itu terperangkap di kepala dan membuat rambut menjadi kering. Untuk mencegahnya dan menjaga rambut tetap sehat dan bersih, Anda cukup melakukan keramas sebanyak tiga kali dalam seminggu.

  1. Keramas dengan air hangat

Kalau Anda adalah memiliki rambut dan wajah yang cenderung berminyak, cobalah untuk keramas dengan menggunakan air hangat. Air hangat bisa membersihkan minyak dan debu yang menempel pada rambut. Namun hati-hati, karena terlalu sering keramas dengan air hangat dapat membuat pori-pori yang ada di kulit kepala terbuka lebar, sehingga memudahkan kotoran dan kuman masuk di dalamnya.

  1. Menggunakan pelembap rambut

Pelembap rambut dibutuhkan untuk menjaga rambut tidak kering, sehingga tidak mudah patah. Selain itu, dengan pelembap rambut, rambut tidak mudah kusut, sehingga tidak akan susah untuk disisir atau diatur. Rambut yang mudah disisir atau diatur memiliki risiko lebih rendah untuk rontok, dibanding dengan rambut yang susah disisir atau diatur. Anda dapat memilih sampo yang mengandung pelembap atau menggunakan pelembap rambut tambahan seperti hair tonic, hair serum, hingga hair mask.

Tidak sulit bukan menjaga rambut sejak dini? Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda yang selalu khawatir akan kebotakan. Selamat mencoba! (BR/STE)

DAFTAR PUSTAKA

  • 2005. Perawatan Badan, Kulit, dan Rambut. Jakarta: Rineka Cipta-, dkk. 2008. Perawatan dan Penataan Rambut. Padang: UNP Press.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store