TIPS MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG KORONER

7

Saat ini penyakit jantung koroner, telah menjadi penyebab kematian utama di dunia. Fakta membuktikan penyakit jantung koroner telah merengut nyawa sebanyak 478.000 orang pertahunnya di Amerika Serikat. Termasuk di Indonesia, penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Survei Depkes RI mendapatkan terjadi peningkatan kematian akibat penyakit jantung dari 9,7% menjadi 16%.

Salah satu penyebab terjadinya penyakit ini yaitu adanya hambatan aliran darah pada arteri koroner yang menyuplai darah ke otot jantung. Salah satu hambatan berupa plak, dan prosesnya memakan waktu yang amat panjang, bahkan dapat bertahun-tahun, mungkin di mulai sejak masa muda yang seringkali memuncak menjadi serangan jantung atau operasi pintas koroner. Nah untuk mencegah penyakit ini menyerang, anda dapat melakukan beberapa tips seperti dibawah ini.

  1. Mengantur pola makan dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang

Diupayakan pada setiap hari mengonsumsi makanan yang kaya serat dan cukup nutrisi, perhatikan pula cara pengolahannya, sebaiknya hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng di dalam banyak minyak, sebaliknya olah makanan dengan cara ditumis, direbus atau dikukus. Jika harus mengolah makanan dengan cara menggoreng, sebaiknya gunakan minyak zaitun daripada minyak goreng, sebab minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang rendah. Hindari makanan makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi, misalnya seafood – kandungan kolesterol tinggi di dalamnya dapat membahayakan jantung. Pilih produk makanan yang rendah lemak atau bahkan tanpa lemak. Konsumsi susu, keju atau mentega yang rendah lemak. Selain lemak, hindari juga makanan yang mengandung gula yang tinggi, misalnya soft drink. Konsumsi karbohidrat secukupnya karena secara alami tubuh akan memproses karbohidrat menjadi gula dan lemak. Mengkonsumsi oat atau gandum dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Lakukan olahraga teratur

Luangkan waktu setidaknya 150 jam dalam seminggu, untuk berolahraga. Misalnya dengan jogging 30 menit setiap hari. Selain jogging, senam, atau renang. Jenis olahraga tersebut dapat menguatkan kerja otot jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Di samping itu, dengan berolahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Hindari stres

Saat seseorang mengalami stres, otak memerintah tubuh untuk mengeluarkan hormon kortisol untuk mengatasinya namun jika hormon ini diproduksi berlebihan dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku, hormon norepinephrine juga akan diproduksi oleh tubuh untuk mengatasi stres, namun jika diproduksi berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat.

  • Konsumsi antioksidan

Radikal bebas yang berasal dari polusi udara, asap rokok dan asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan endapan pada pembuluh darah yang mengakibatkan penyumbatan, radikal bebas dalam tubuh dapat dihilangkan lewat konsumsi antioksidan dimana antioksidan bekerja menangkap radikal bebas dalam tubuh dan membuangnya. Antioksidan bisa diperoleh dari berbagai macam sayuran dan buah.

  • Berhenti merokok

Siapapun tahu bahwa rokok sangat buruk untuk kesehatan jantung, oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok anda segera agar jantung anda tetap sehat. (RA)

Daftar Pustaka

Mayo Clinic (2018). Diseases and Conditions. Coronary Artery Disease. 

NIH. National Heart, Lung, and Blood Institute. Coronary Heart Disease Health American Heart association (2015). Coronary Artery Disease – Coronary Heart Disease. 

Kementerian Kesehatan RI (2017). Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. Hindari Makanan Tinggi Kolesterol Ini.