Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

243

Jerawat merupakan suatu benjolan bernanah dan nyeri yang terdapat di kulit akibat sumbatan pada kelenjar minyak kulit. Jerawat dapat terjadi pada setiap orang yang biasanya mulai timbul saat pubertas dan mulai berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Berbagai hal yang dapat meningkatkan pembentukan jerawat adalah kulit yang berminyak dan perubahan hormonal. Selain itu, stress dan kurangnya kebersihan diri juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

1.      Cucilah Daerah Timbulnya Jerawat

Jerawat dapat timbul di mana saja pada kulit anda. Daerah yang paling sering menjadi tempat timbulnya jerawat adalah wajah, leher, dan punggung. Cucilah daerah-daerah tersebut setiap kali anda mandi untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang dapat menyumbat kelenjar minyak anda. Jangan mencuci daerah tersebut terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pilihlah sabun cuci muka yang lembut dan berbasis air serta bebas minyak.

2.      Obat Anti Jerawat

Berbagai krim atau bedak anti jerawat dapat anda gunakan untuk mencegah timbulnya jerawat, khususnya pada wajah anda. Gunakanlah produk yang mengandung benzil peroksida atau asam salisilat.

3.      Riasan Wajah

Jangan gunakan bedak bayi atau anak lainnya pada wajah anda. Gunakanlah bedak kosmetik sebagai dasar riasan anda. Hapuslah riasan anda sebelum tidur karena riasan dapat menyumbat kelenjar minyak anda. Selain itu, bersihkanlah aplikator riasan anda, seperti kuas atau aplikator bedak anda secara teratur dengan sabun.

4.      Jaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri dan mandi setelah aktivitas berat seperti berolahraga dapat membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak dari kulit anda.

5.      Pakaian Longgar

Pakaian yang ketat dapat menyebabkan iritasi pada kulit anda dan menjadi jalan masuk kuman. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian yang lebih longgar.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store