Tips Mengajarkan Anak Tentang Pola Hidup Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

180

Gaya hidup sehat penting diterapkan sejak dini agar kualitas hidup anak lebih baik hingga dewasa nanti. Memang menerapkan pola hidup sehat pada anak tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun hal tersebut jangan menjadi halangan untuk orang tua tidak menerapkannya yah? Sebagai orang tua kita harus tetap semangat mengajari anak hidup sehat. Anda dapat melakukan beberapa tips berikut agar anak mau belajar tentang pola hidup sehat.

  1. Memberi contoh

seperti sebuah pepatah mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Mungkin pepatah tersebut pantas untuk kondisi ini. Dimana apa yang dilakukan oleh kedua orang tua akan diikuti oleh anaknya. Jadi sebaiknya ketika orang tua berada dengan anak, harus mencontohkan hal-hal yang baik yah. Salah satu contoh yaitu ketika mau makan, biasakan untuk mencuci tangan dahulu dengan menggunakan sabun. Selain itu, orang tua dapat mengajak anak untuk membersihkan rumah dan berolahraga bersama dengan bergitu kebiasaan ini akan terbawa sampai tua.

  1. Menyiapkan makanan bersama

Dr Juan D. Rivera mengatakan, “libatkan anak-anak ketika memasak makanan sehat. Ajak mereka ke supermarket. Jadi mereka bisa memilih apa yang ingin mereka makan.” Anda bisa menghabiskan waktu dengan anak-anak ketika menyiapkan makan. Dengan melibatkan anak mempersiakan makan juga membantu mereka belajar tentang makan sehat, makanan apa yang boleh dan tidak boleh mereka konsumsi. Juan menyarankan sembari mengajak anak masak bersama, selipkan juga penjelasan tentang kandungan makanan dan bahayanya. Misalnya, makanan yang digoreng mengandung kolesterol tinggi.

  1. Mengatur porsi makanan yang cukup

Ketika anak sudah dibolehkan makan sendiri, mereka cenderung mengambil porsi dalam jumlah besar untuk memuaskan rasa penasarannya. Ini juga yang menyebabkan anak tidak menghabiskan makanannya karena terlanjur kekenyangan. Untuk menghindarinya, Anda harus memperhatikan porsi makanan anak. Bila memang sudah kenyang, maka biarkan saja. Memaksa anak untuk menghabiskan makanan bisa menyebabkan porsi makannya berlebih, ini tidak baik untuk sistem pencernaannya.

  1. Membiasakan mengunyah makanan perlahan

Anak mampu mengenali rasa lapar dan kenyang dengan lebih baik ketika ia mengunyah dan makan secara perlahan. Tunggu sekitar 15 menit sebelum memberikan makanan tambahan. Jika anak masih merasa lapar, berikan tambahan dengan porsi yang lebih kecil.

  1. Membiasakan hidup aktif dan berolahraga

Hidup aktif dan berolahraga anak dan orangtua tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kegiatan yang dilakukan seperti  berjalan di sekitar rumah, naik sepeda, atau bermain di taman bersama. Beragam manfaat dari olahraga yang dapat diperoleh anak antara lain tidur yang lebih nyenyak, lebih tahan stres, berat badan ideal, tulang dan otot yang kuat, serta semakin rendah terkena risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Pada awalnya, cara mengajari anak belajar hidup sehat mungkin saja tidak mudah. Namun, hal itu sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pola hidup anak hingga dewasa nanti. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/mengajarkan-agar-anak-mau-makan-sehat/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store