TIPS MENGATASI ANAK TIDAK MAU MAKAN

1

Nafsu makan anak yang tidak baik atau kebiasaan anak yang suka pilih-pilih makanan kerap menjadi hal yang menjengkelkan bagi orangtua. Makanan menjadi sumber gizi penting untuk kebutuhan nutrisi anak terlebih dalam masa perkembangan dan pertumbuhan. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengatasi anak yang sulit makan:

  1. Biarkan nafsu makan anak muncul sendiri

Ini adalah cara pertama untuk mengatasi sulitnya makan anak. Jika anak tidak lapar, jangan paksa untuk mengonsumsi makan atau camilan. Jangan memaksakan anak untuk mengonsumsi makanan tertentu atau mengharuskan mereka menghabiskan makanan di piringnya karena hal ini dapat memicu kebencian anak terhadap makanan. Selain itu juga dapat menyebabkan anak cemas dan kurang peka terhadap rasa lapar. Sajikan porsi kecil atau berikan porsi lebih sedikit dari yang akan anak anda makan. Biarkan mereka meminta lebih jika masih lapar.

  • Sajikan makanan dan camilan pada waktu yang sama setiap hari

Hal ini dapat membiasakan anak untuk makan pada waktu yang sama sehingga dapat menjadi suatu kebiasaan. Membuat rutinitas waktu makan juga akan membantu anak ketika ia beranjak dewasa.

  • Perkenalkan makanan baru dengan sabar

Anak mungkin perlu waktu untuk terpapar pada makanan baru. Ajak anak membicarakan makanan tersebut dari warna, bentuk, aroma, dan tekstur bukan dari rasa. Sajikan makanan baru bersama makanan yang disukai anak.

  • Ajak anak memasak

Ikut sertakan anak mulai dari memilih bahan makanan, jangan membeli apapun yang tidak anak inginkan untuk dimakan. Setelah itu, ajak anak memasak mualai dari membilas sayuran, mengaduk adonan, hingga mengatur meja. Jika perlu, sajikan bentuk bahan makanan dengan unik misal potongan dibuat lucu atau sajikan sayuran brokoli dengan saus favorit anak.

  • Berikan contoh makanan sehat

Anak cenderung mengikuti apa yang orangtua lakukan termasuk dalam memilih makanan. Berikan contoh mengonsumsi beragam makanan sehat, anak akan cenderung mengikutinya.

  • Minimalkan gangguan saat makan

Jauhkan alat elektronik seperti handphone dan televisi saat makan. Ini akan membantu anak lebih fokus pada makanannya. Terkadang iklan televisi dapat mendorong anak untuk menginginkan makanan bergula atau kurang gizi.

  • Jangan memberikan hidangan pencuci mulut sebagai hadiah

Makanan pencuci mulut akan membuat kecintaan anak pada makanan bergula jadi meningkat. Berikan hidangan pencuci mulut satu atau dua kali perminggu saja. Atau ganti dengan buah, yoghurt, dan makanan sehat lainnya.

  • Konsultasikan ke dokter jika nafsu makan anak tidak bertambah

Jika nafsu makan anak tetap tidak bertambah segeralah temui dokter karena beberapa kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi nafsu makan anak. (ITA)

Sumber:

Burns, J. 2018. 15 Ways to Get Your Kids to Eat Better. https://www.parents.com/kids/nutrition/healthy-eating/get-your-kids-to-eat-better/ 4 September 2019 Mayoclinic. 2019. Children’s nutrition: 10 tips for picky eaters. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/childrens-health/art-20044948 4 September 2019