Tips Mengatasi Insomnia

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

271

Apakah Anda susah memulai tidur setiap malam? Atau mungkin sering terbangun pada malam hari dan tidak bisa tidur nyenyak? Jika Ya, mungkin Anda adalah penderita Insomnia. Tidur merupakan suatu nikmat terbesar yang dikaruniakan oleh Tuhan, bersyukurlah bagi Anda yang masih bisa tidur dengan nyenyak.

Insomnia mulai banyak melanda warga Indonesia, khususnya kaum muda seperti mahasiswa. Banyak orang mengeluh karena mereka susah untuk memulai tidur, dan banyak gangguan kesehatan yang dimulai akibat kurang tidur seperti gangguan jantung, gangguan emosi, sulit berkonsentrasi dalam bekerja hingga gangguan hormon kesuburan. Nah, oleh sebab itu mari kita bahas sejenak tips supaya Anda bisa tidur nyenyak.

  1. Berolahraga secara teratur

Seringkali orang malas memaksa dirinya untuk rutin berolahraga padahal, olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu dampak positifnya adalah memperlancar peredaran darah yang dapat mencegah berbagai penyakit termasuk insomnia dan menurunkan stress.

  1. Jangan meminum kopi menjelang sore hingga malam

Kopi adalah salah satu minuman favorit warga Indonesia. Kopi memiliki kadar kafein yang tinggi dan berbeda-beda, sehingga dapat menimbulkan penyakit susah tidur terutama jika tidak mengkonsumsinya dengan bijak.

  1. Menonton film yang membosankan

Sebelum kalian tidur cobalah untuk menonton film yang kalian sudah tonton atau film-film yang menurut kalian membosankan sambil menunggu rasa ngantuk tiba.

  1. Mematikan telepon seluler atau jaringan internet

Telepon seluler adalah salah satu penyebab insiomnia, ketagihan untuk membaca update dari social media hingga bermain game online adalah musuh dari rasa kantuk itu sendiri. Cobalah untuk mematikan data internet smartphone 1 jam sebelum jam tidur Anda.

  1. Makan secara teratur

Banyak orang-orang melupakan betapa pentingnya makan secara teratur. Makan malam di atas jam 8 malam terbukti membuat Anda sulit tertidur karena proses pencernaan Anda menjadi sangat aktif dan menimbulkan rasa kembung hingga mual saat hendak tidur.

  1. Berdoa sebelum tidur

Ini adalah hal yang banyak dilupakan oleh banyak orang. Berdoalah sebelum tidur, jangan lupa meminta penyertaan Yang Maha Kuasa selama Anda terlelap.

Insomnia yang tidak berkaitan dengan masalah kesehatan lain, umumnya dapat diatasi dengan tips di atas. Apabila Anda tetap sulit tidur dalam hitungan minggu hingga berbulan-bulan, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum timbul masalah kesehatan lainnya. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Nabil S. Kamel, MD,a,b Julie K. Gammack, MDa,b. 2006. Insomnia in the Elderly: Cause, Approach, and Treatment
  2. Turkoski, Beatrice B. 2006. Managing Insomnia

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store