Tips Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

60

Kehamilan dapat menyebabkan banyak perubahan pada tubuh Anda. Salah satunya adalah perubahan hormon. Perubahan ini bisa mengubah jaringan payudara serta meningkatkan aliran darah di area tersebut. Hal tersebut mungkin bisa membuat payudara Anda nyeri dan lebih sensitif. Pada saat hamil, akan terjadi peningkatan produksi hormon estrogen dan progesteron. Hormon tersebut dipersiapkan tubuh untuk menunjang tumbuh kembang bayi saat berada di dalam kandungan. Hormon-hormon tersebut bertanggung jawab atas rasa nyeri pada payudara Anda. Untuk mengatasi masalah ini, berikut tips yang dapat Anda lakukan dirumah.

 

  1. Menggunakan bra yang tepat

Di masa kehamilan, Anda sudah tidak bisa memakai bra yang biasa dikenakan sehari-hari, mengingat kondisi payudara yang berubah dan seiring membesarnya ukuran payudara.  Jika sebelum hamil Anda sering memakai bra berkawat, disarankan untuk tidak menggunakannya selagi hamil. Bra jenis ini dapat membuat payudara Anda tidak nyaman sekaligus tidak cocok untuk menghadapi perubahan payudara Anda. Agar payudara ditopang dengan baik, pastikan Anda memakai bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda. Jangan memakai bra yang terlalu ketat atau longgar. Selain itu, saat hendak tidur, disarankan menggunakan bra untuk ibu hamil yang terbuat dari katun. Bra jenis ini mungkin bisa mengatasi rasa nyeri saat Anda tidur.

 

  1. Kompres dengan es atau air dingin

Metode kompres sering kali menjadi cara andalan untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Nah, cara ini diyakini ampuh mengurangi nyeri payudara saat hamil. Caranya yaitu ambil handuk yang bersih dan letakkan di bagian dada dan area payudara yang sakit. Selanjutnya, tempelkan sejumlah es batu di atasnya dan biarkan selama beberapa saat. Rasakan sensasi dinginnya dan usahakan untuk tetap rileks. Secara perlahan, rasa sakit di bagian payudara akan berkurang.

 

  1. Kurangi asupan garam dalam makanan

Dengan mengurangi konsumsi garam dapat sangat membantu mengurangi nyeri pada payudara. Hal ini dikarenakan garam bersifat menahan air, yang membuat payudara Anda semakin berat dan nyeri.

 

  1. Mandi dengan air hangat

Menurut Patrick Duff, M.D., seorang dokter kandungan asal University of Florida, suhu hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot di sekitar payudara yang tegang, seperti dilansir dari Parents. Namun, beberapa ibu hamil masih merasakan nyeri setelah mandi air hangat. Maka itu, basuhkan air hangat secara perlahan ke area payudara yang sakit dan berikan jeda beberapa saat sebelum Anda melakukannya lagi.

 

  1. Menggunakan bra olahraga

Menurut Patrick Duff, M.D., seorang dokter kandungan asal University of Florida, pemakaian bra olahraga dapat membantu mengurangi masalah payudara sakit saat hamil. Ini karena bra olahraga dapat mengurangi gerakan payudara Anda yang menyebabkan rasa sakit. Selain itu, ukuran bra olahraga yang cenderung lebih besar dapat membantu mengangkat payudara dan mengurangi tekanan pada area payudara yang sakit. (RA/STE)

 

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/mengatasi-payudara-sakit-saat-hamil/

https://dokter.id/berita/tips-mengatasi-nyeri-payudara-saat-hamil


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store