Tips Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

121

Payudara merupakan salah satu aset yang harus dijaga keindahannya. Selain itu, payudara juga memiliki fungsi penting untuk menghasilkan ASI untuk buah hati. Sayangnya, payudara seringkali menjadi kendur setelah melahirkan dan menyusui. Lalu bagaimana? Apakah dengan ketakutan pada berubahnya bentuk payudara akan menjadi penghalang untuk memberikan ASI eksklusif? Tentu tidak! Simak artikel berikut untuk mengetahui tips-tips yang dapat ibu lakukan untuk merawat payudara setelah menyelesaikan tugas mulia, memberikan ASI untuk si kecil!

  1. Olahraga

Mengencangkan payudara secara alami setelah menyusui dapat dilakukan dengan olahraga. Bagian payudara juga membutuhkan olahraga atau senam untuk merangsang otot-otot dada sebagai penggantung payudara. Aliran darah yang lancar serta otot penggantung yang kencang bisa membuat payudara menjadi lebih bugar, kencang, dan terangkat. Lakukanlah latihan yang bisa merangsang pembesaran otot-otot dada, salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan adalah push up. Anda juga bisa mencoba melakukan angkat beban dengan menggerakkan beban tersebut menjauhi dan mendekati tubuh kesamping, sehingga membentuk gerakan membuka dan menutup tangan.

  1. Menggunakan ukuran bra yang tepat

Memilih ukuran bra yang tepat dan nyaman digunakan untuk mendukung payudara tidak hanya penting untuk memberikan perasaan relaks selama mengenakannya. Melainkan, juga berperan penting dalam menjaga kesehatan payudara itu sendiri. Mengenakan beha berukuran salah, tidak hanya bisa membuat Anda terlihat jadi kurang menarik, melainkan juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda.  Penggunaan bra yang tepat dapat mencegah Anda dari kerusakan, sehingga payudara Anda akan terlihat kendur. Apalagi saat Anda berolahraga, sebaiknya gunakan sport bra yang tepat.

  1. Menggunakan masker untuk payudara

Tidak hanya wajah dan kulit tubuh yang membutuhkan perhatian serta perawatan. Payudara juga sangat membutuhkannya. Payudara membutuhkan perhatian dan sesekali harus dimanjakan. Anda bisa membuat sendiri masker payudara dengan bahan-bahan alami. Anda bisa siapkan telur, minyak vitamin E, dan timun. Telur mengandung protein yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat menghambat radikal bebas dan mencegah penuaan kulit, sedangkan timun mengandung antioksidan, dan dapat meredakan iritasi kulit serta mengurangi bengkak pada kulit.

  1. Tidur dengan posisi terlentang

Menurut ahli kesehatan, seorang wanita sebaiknya menghindari tidur tengkurap karena hal tersebut dapat meningkatkan resiko keriput pada bagian tubuh yang tertindih. Sebaliknya, tidur terlentang dianggap lebih baik serta bermanfaat untuk menjaga kekencangan payudara. Memang hasilnya tidak akan Anda dapatkan dalam satu atau dua malam, atau bahkan dalam sebulan. Biarpun perlahan, hasilnya pun akan lebih lama.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk dilakukan? Biasakan melakukan tips-tips di atas secara rutin agar hasilnya terlihat. Selamat mencoba! (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-mengencangkan-payudara-kendur/

https://cantikmenawan.com/blogs/tips/cara-merawat-payudara-agar-tetap-sehat-kencang-cantik-dan-seksi


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store