Tips Menghadapi Masa Puber Pada Remaja

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

447

Anda orang tua yang punya anak remaja? Pasti Anda merasa was was jika Anak anda mulai memasuki masa pubertas. Pubertas menjadi salah satu periode penting dalam kehidupan manusia. Selain itu, pubertas juga merupakan saat yang mendebarkan dan menarik untuk disimak. Tidak mengherankan memang karena pubertas memiliki keberagaman pada setiap individu.

Masa puber tidak sama pada setiap remaja. Sebagian anak menjalani pubertas pada usia yang relatif identik dengan usia anak pada umumnya. Namun sebagaian lainnya mengalami pubertas pada usia lebih muda ataupun lebih tua. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghadapi anak remaja Anda yang sudah memasuki masa puber:

  1. Menjelaskan tentang perubahan fisik dan kesehatan reproduksi remaja

Sebagai orang tua Anda bisa membantu anak untuk siap dengan perubahan biologisnya. Pastikan anak mendapatkan penjelasan mengenai perubahan yang terjadi pada bagian tubuhnya baik mengenai sistem, fungsi, dan proses reproduksi. Penjelasan yang Anda berikan pada anak tersebut, mungkin akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada awalnya, namun hal ini penting untuk dilakukan agar anak mengerti dan merasa siap akan perubahan fisik yang dialaminya.

  1. Orang tua sebagai sumber informasi utama

Anda sebagai orang tua sebaiknya menjadi sumber utama tempat anak Anda bertanya berbagai macam hal yang berkaitan dengan pubertas. Oleh karena itu, dekatkan diri dengan anak Anda dan jadikan diri Anda sebagai sahabat terdekat yang tidak menghakimi setiap pendapatnya.

  1. Berikanlah pendidikan nilai agama dan moral

Di zaman sekarang ini, pergaulan anak remaja sangat bebas dan kadang di luar kontrol. Hal ini tentu tidak lepas dari pengaruh media seperti majalah remaja, film, atau program TV yang tidak mendidik. Pengaruh ajakan teman sebaya serta godaan meniru gaya hidup tokoh idola remaja yang melenceng dari norma dan nilai social juga menjadi tantangan tersendiri yang harus Anda perhatikan pada masa puber anak. Oleh karena itu, pertahankan kegiatan ibadah keluarga dan aktivitas sosial bersama-sama.

Melewati masa puber adalah alamiah untuk setiap orang. Anda sebagai orang tua tidak perlu takut akan hal itu, bahkan Andapun pernah melewati masa itu. Jadilah sahabat untuk anak Anda dan berikanlah mereka bekal untuk memasuki masa tersebut. (EDA)

Sumber:

  1. Tips Bagi Orang Tua Menghadapi Anak Remaja Yang Memasuki Masa Puber. http://informasitips.com/tips-bagi-orang-tua-menghadapi-anak-remaja-yang-memasuki-masa-puber/
  2. Apa yang Perlu Dipersiapkan Orang Tua Jelang Masa Puber Anak? https://health.detik.com/ulasan-khas/2097445/apa-yang-perlu-dipersiapkan-orang-tua-jelang-masa-puber-anak/
  3. Mengenal Masa Pubertas Remaja. http://www.sehatfresh.com/mengenal-masa-pubertas-remaja/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store