Tips Mengurangi Nafsu Makan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

166

Nafsu makan merupakan fenomena fisik sekaligus psikologis. Meskipun tidak benar-benar merasa lapar, kadang kita makan di saat bosan, stres, atau hanya karena sudah waktunya makan. Ada banyak program penurunan berat badan dan obat diet yang dipasarkan sebagai penekan nafsu makan, padahal sebenarnya Anda dapat menekan nafsu makan secara alami melalui diet dan olahraga. Berikut cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengurangi nafsu makan.

  1. Tambahkan rasa pedas pada makanan

Dilansir dari Reader’s Digest, Dr. Josh Axe mengatakan bahwa senyawa aktif capsaicin dalam makanan pedas (semua jenis cabai kecuali paprika) bertindak sebagai penekan nafsu makan alami. Tak hanya itu, capsaicin juga bisa meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Jadi, jika Anda menambahkan potongan cabai rawit atau bahan pedas lainnya pada makanan, hal itu bisa memperlambat proses makan Anda.

  1. Makan pada waktunya

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2008 menemukan fakta bahwa orang yang makan tiga kali dalam sehari memiliki kepuasan terhadap makanan dan rasa kenyang hingga 24 jam dibandingkan dengan orang yang hanya makan dua kali dalam satu hari. Melewatkan waktu makan hanya membuat tubuh Anda kelaparan dan cenderung mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak pada waktu makan selanjutnya.

  1. Minum atau makan makanan yang berbahan dasar jahe

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism tahun 2012 membuktikan bahwa jahe dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.  Partisipan dalam penelitian tersebut diminta untuk mengonsumsi bubuk jahe sebanyak 2 gram yang dilarutkan dalam air panas setiap sarapan. Hasilnya, minuman jahe tersebut dapat mengurangi rasa lapar setelah makan sampai enam jam, sehingga asupan makanan para partisipan dalam sehari menjadi lebih rendah.

  1. Minum dua gelas air sebelum makan

Apabila sebelum makan sudah mengisi perut terlebih dulu dengan air, Anda akan merasa kenyang dan cenderung makan lebih sedikit. Supaya rasanya tidak hambar atau monoton, Anda bisa memberikan irisan buah lemon, jeruk, atau mentimun ke dalam air minum tersebut.

5.      Memperbanyak konsumsi serat

Serat mempengaruhi nafsu makan dengan berbagai cara, yaitu dengan menggantikan makanan yang tinggi kalori, meningkatkan gerakan mengunyah yang dan memudahkan dalam mencerna makanan dan menyebabkan lambung terasa penuh yang akhirnya menurunkan nafsu makan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2001 menyebutkan bahwa meningkatkan konsumsi serat sebanyak 14% dalam sehari, efektif menurunkan nafsu makan dan membuat berat badan turun dengan cepat.

6.      Olahraga sebelum makan malam

Bekerja seharian bisa membuat Anda kelaparan saat tiba di rumah malam hari. Jadi sebaiknya, lakukan olahraga selama 30 menit sebelum Anda makan. Itu karena olahraga bisa menekan acylated ghrelin (hormon kelaparan) sembari meningkatkan kadar hormon yang bertindak sebagai penekan nafsu makan.

Itulah tips cara mengurangi nafsu makan. Tapi selain tips diatas, yang lebih penting dari semuanya yaitu jangan lupa untuk mengimbanginya dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, jauhi rokok dan alkohol, serta cukup istirahat. Dengan itu semua, tubuh langsing dan punya berat badan ideal bukan sekadar mimpi belaka. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/cara-menurunkan-nafsu-makan-yang-berlebih/

https://klikdokter.com/info-sehat/read/3617155/8-cara-ampuh-mengurangi-nafsu-makan-anda


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store