Tips Mengurangi Stress dan Tidur Lebih Nyenyak

110

Stress merupakan suatu reaksi terhadap berbagai hal. Stress dapat mendorong anda untuk bekerja lebih baik, tetapi stress berlebihan dapat membuat anda menjadi tegang, lelah, emosi, dan bahkan dapat menyebabkan gangguan tidur.

 

Tanda-tanda Stress

Beberapa gejala bahwa anda stress adalah:

  • Depresi
  • Gangguan tidur
  • Tegang
  • Cemas
  • Berbagai kesalahan dalam bekerja
  • Gangguan konsentrasi
  • Apatis

Jika anda mengalami stress dan tidak menangani hal ini dengan baik, maka dapat terjadi gangguan pada kesehatan anda. Di bawah ini terdapat beberapa tips untuk mengurangi stress sehingga anda dapat tidur lebih nyenyak.

 

Cari Penyebabnya

Langkah awal untuk menangani stress adalah dengan mengetahui penyebabnya. Apakah karena keadaan fisik anda, pekerjaan anda, atau hubungan anda. Setelah anda mengetahui apa penyebab stress anda, maka anda dapat mencari beberapa jalan keluar yang dapat dilakukan.

Keluarga, Teman, dan Pasangan

Orang terdekat adalah salah satu penghilang stress terbaik, terutama bila stress yang anda alami disebabkan oleh pekerjaan atau teman sekerja anda. Menceritakan permasalahan anda dapat membuat anda merasa lebih baik.

Ubah Cara Anda Berpikir

Seringkali, anda atau orang terdekat mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap diri anda. Hal ini menyebabkan kegagalan dapat membuat anda merasa stress. Karena itu, ubahlah cara anda berpikir dalam beberapa hal menjadi lebih positif, sehingga anda tidak cepat merasa stress terhadap semua kegagalan dan kesulitan yang anda alami.

Olahraga

Berolahraga dan melemaskan otot-otot yang terasa kaku dan nyeri akibat stress juga dapat mengurangi rasa stress anda. Akan tetapi, bila anda berusia di atas 50 tahun atau memiliki suatu penyakit kronik tertentu, sebaiknya konsultasi dengan dokter anda terlebih dahulu mengenai olahraga apa yang sebaiknya anda lakukan.

Tidur Cukup

Tidur yang nyenyak dan cukup dapat membuat anda merasa lebih segar di pagi hari dan mengurangi rasa lelah dan stress anda. Bila anda kurang tidur, anda akan menjadi lebih murdah marah dan cepat lelah, yang membuat anda dapat merasa semakin tertekan. Orang dewasa biasanya membutuhkan sekitar 7-8 jam waktu tidur setiap harinya.

Jika anda mempunyai gangguan tidur atau seringkali sulit tidur, konsultasikan dengan dokter anda tentang obat-obatan yang dapat anda gunakan, kapan digunakan, dan untuk berapa lama.

Pembagian Tugas

Bekerja terlalu keras dan terlalu banyak dapat membuat anda merasa stress. Oleh karena itu, lakukanlah pembagian tugas dengan teman sekerja atau bawahan anda, sehingga beban kerja anda berkurang dan anda mempunyai waktu yang lebih banyak untuk memanjakan diri anda.