Tips Menjaga Kesehatan Bagi Pekerja Kantoran

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

63

Jika dihitung-hitung, sebagian besar waktu kita setiap hari lebih banyak dihabiskan di tempat kerja. Walaupun sudah banyak kantor dengan sistem kerja yang lebih fleksibel, Anda tetap diharuskan menatap layar komputer selama berjam-jam setiap harinya. Tampilan layar monitor komputer yang tidak berubah dan tumpukan berkas serta peralatan kantor di meja kerja Anda tentu akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Selain itu, gaya hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga, atau sering mengonsumsi cemilan tidak sehat serta makanan cepat saji menjadi penyebab meningkatnya risiko kesehatan.

 

Nah bagi setiap pekerja, memiliki badan yang sehat pastinya akan memberikan banyak manfaat diantaranya lebih sedikit absen dari pekerjaan, produktivitas lebih tinggi, dan dapat terhindar dari stres. Tidak sulit kokmelakukan kebiasaan baik untuk kesehatan Anda. So, bagaimanakah caranya agar Anda dapat tetap sehat di lingkungan kerja? Berikut adalah cara terbaiknya!

 

  1. Minum air yang cukup

Minum air putih yang cukup adalah cara paling mudah untuk menjaga pola hidup sehat, tetapi paling sering terlupakan saat sedang bekerja. Air dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Air juga bisa membantu detoksifikasi dan kerja pencernaan, serta membantu Anda tetap waspada dan segar. Minumlah Delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Sumber air yang baik juga bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, anggur, semangka, dan apel.

 

  1. Lakukan peregangan

Duduk di depan komputer seharian pasti membuat Anda bosan. Coba deh sesekali untuk bangun dari kursi kerja Anda dan lakukan peregangan. Hal ini dapat membantu agar tubuh Anda tetap segar meskipun bekerja di kantor seharian. Jangan malu dilihat oleh rekan kerja Anda ya. Justru Anda dapat menjadi contoh yang baik bagi rekan kerja yang lain untuk menjaga kesehatan di kantor. Atur dan carilah posisi yang nyaman ketika bekerja agar tidak merasa pegal pada pergelangan tangan ataupun punggung. Posisikan keyboard dan mouse Anda agar mudah dijangkau dan atur jarak monitor Anda agar tidak membuat mata Anda lelah.

 

3.      Jangan pernah menunda makan

Jangan pernah menunda rasa lapar ketika perutmu sudah memberi kode. Makan siang ialah salah satu cara untuk menjaga agar tubuhmu tetap sehat. Tapi ingat, jangan sembarangan memilih menu makan siangmu ya! Konsumsilah makanan yang memberimu banyak asupan protein. Mungkin membawa makan siang dari rumah merupakan solusi terbaik, karena kamu bisa mengatur menu sehatmu sendiri. Sup, salad, dan sayuran di menu makan siang bisa mengembalikan energi dan konsentrasi agar kamu tetap prima hingga akhir jam kerja.

 

  1. Batasi waktu duduk

Duduk dalam waktu lama, apalagi seharian penuh dapat meningkatkan resiko memburuknya kesehatan tubuhmu. Kebiasaan macam ini tak jarang mampu memicu datangnya beragam penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Untuk itu, sesekali bangkitlah dari kursi kerjamu dan berjalanlah beberapa saat. Dengan bergerak dan berjalan akan membantu menghilangkan sekaligus mencegah rasa sakit pada bagian tubuhmu.

 

  1. Jaga kebersihan diri dan area kerja

Tahukah Anda, rata-rata meja kerja mengandung seratus kali lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet? Oleh sebab itu, jagalah area kerja Anda tetap tersusun rapi dan rapikan meja kerja Anda setiap hari sesaat sebelum pulang kerja. Lakukan pembersihan keyboard minimal 1 minggu sekali. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Sediakan pembersih tangan dan cairan pembersih meja di meja kerja Anda.

 

Agar Anda dapat bekerja dengan efektif dan optimal, Anda harus selalu mengatur tingkat stres dan menjaga kesehatan diri Anda di lingkungan kerja. Tidak hanya Anda saja yang akan merasakan manfaatnya, tetapi orang-orang di sekitar Anda juga akan mendapatkan dampak positif dari yang telah Anda lakukan. Pastikan menjaga kesehatan sebagai prioritas utama di tengah kesibukan bekerja. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

 

Daftar Pustaka

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3171726/kiat-menjaga-kesehatan-di-tempat-kerja


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store