Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak Anda Melalui Makanan

371

Anak-anak memang membutuhkan nutrisi yang sehat dan seimbang dari berbagai jenis makanan untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatannya. Akan tetapi mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat, baik yang berasal dari gula atau makanan gurih dan berbahan dasar tepung dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

1.  Sediakan Banyak Buah dan Sayuran di Rumah Anda
Selalu sediakan aneka jenis buah dan sayuran di dalam rumah anda sebagai cemilan sehat bagi anak anda. Pilihlah buah dan sayuran yang mengandung banyak air seperti pir, melon, dan timun.
Batasi konsumsi pisang dan kismis karena mengandung cukup banyak gula dan jangan lupa untuk meminta anak anda menyikat giginya satu jam setelah mengkonsumsi keduanya.

2.  Berikan Keju Sebagai Cemilan
Tambahkan keju dalam menu makan siang anak anda atau jadikan keju sebagai salah satu menu cemilannya. Keju, terutama keju cheddar, Swiss, dan keju berumur tua lainnya dapat membantu memicu produksi air liur. Air liur dapat membantu membersihkan berbagai partikel makanan dari gigi anak anda.

3.  Hindari Makanan Manis dan Lengket
Berbagai makanan manis dan lengket seperti kismis, permen, coklat, sirup karamel, dan madu cenderung menempel pada gigi dan sulit dibersihkan oleh air liur. Jika anak anda mengkonsumsi berbagai makanan ini, segera ajak mereka untuk menyikat giginya kira-kira 1 jam setelah makan.
Selain itu, makanan manis juga dapat membuat gigi anda dipenuhi dengan gula dan dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Belilah makanan yang bebas gula atau tidak mengandung pemanis.
Bila anak anda masih bayi, maka jangan menidurkan anak anda dengan memberikan susu atau jus buah. Berikanlah air putih untuk membilas susu atau jus buah yang baru saja anda berikan atau berikan saja air putih.

4.  Berikan Makanan Manis Bersamaan Dengan Waktu Makan
Jika anda ingin memberikan makanan manis, seperti kue atau permen, maka berikanlah makanan tersebut sebagai makanan penutup, segera setelah makan. Setelah makan, biasanya terdapat lebih banyak air liur di dalam mulut, yang membuat makanan manis ini lebih mudah dibersihkan dari giginya.

5.  Jangan Biarkan Anak Anda Sering Mengemil
Seberapa sering anak anda mengemil lebih berpengaruh daripada berapa banyak jumlah cemilan yang dikonsumsinya. Jam-jam di antara waktu makan merupakan saat bagi air liur untuk membersihkan semua sisa-sisa makanan agar tidak dapat dikonsumsi oleh bakteri.
Sering mengemil dan tidak segera menyikat gigi setelahnya sama saja dengan memberikan makanan pada bakteri, yang dapat menyebabkan pembentukan plak dan menimbulkan gigi berlubang.

6.  Berikan Air Putih
Berikanlah  segelas air putih pada anak anda, baik waktu makan atau waktu di antaranya. Jangan terlalu sering memberikan jus buah atau minuman manis lainnya karena semua minuman ini mengandung gula.
Bila anda ingin memberikan berbagai minuman manis ini, berikanlah juga segelas air putih setelahnya agar dapat membantu membersihkan berbagai sisa makanan dan gula yang menempel pada gigi.

Sumber: webmd