Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Keluarga

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

108

Ginjal adalah salah satu organ terpenting tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah membuang kelebihan air dari tubuh dan juga membantu menampung air saat tubuh membutuhkan lebih banyak. Ginjal mendetoksifikasi atau membuang racun-racun dalam darah dan menyaring produk limbah melalui air kencing. Selain itu, ginjal membantu mengatur kadar mineral seperti kalsium dan fosfat dalam tubuh. Ginjal juga memproduksi hormon penting yang membantu dalam mengatur fungsi tubuh seperti tekanan darah dan produksi sel darah merah. Jadi, sangat penting untuk menjaga agar ginjal tetap berfungsi dengan baik, Anda dapat melakukan beberapa hal yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal keluarga Anda.

  1. Batasi penggunaan garam pada makanan

Garam menjadi bumbu dapur yang harus ada di setiap kita akan memasak, garam dapat memberikan rasa pada berbagai makanan, namun jika kita masukan garam tersebut terlalu banyak tentu akan membuat masakan kita menjadi asin bukan? Nah, jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak garam, baik itu pada makanan kemasan, olahan atau yang lainnya, darah akan menjadi lebih kental dan ginjal perlu bekerja lebih keras untuk mengurangi kelebihan garam dalam darah. Segera hentikanlah kebiasaan tersebut, karena jumlah garam atau natrium yang terlalu tinggi dapat mengganggu serta merusak kesehatan organ ginjal Anda dan keluarga.

  1. Istrahat yang cukup

Tidur sangat penting bagi tubuh, karena akan melemaskan otot otak dan tubuh. Tidur nyenyak diperlukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun, yang membantu mengkoordinasikan kerja ginjal lebih dari 24 jam. Jadi disarankan untuk mengatur pola tidur dari keluarga

  1. Hindari kebiasaan merokok dan penggunaan alkohol

Rokok menjadi pengundang berbagai macam penyakit, karena rokok merupakan barang yang mengandung ribuan zat kimia berbahaya perusak berbagai organ dalam tubuh manusia seperti jantung, paru-paru hingga bahkan ginjal. Selain itu, efek alkohol membuat ginjal harus bekerja keras menyaring racun yang terdapat pada alkohol, sehingga jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus, organ ginjal tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi jauhkan keluarga Anda dari bahaya alkohol dan rokok.

  1. Berolahraga bersama

Jika menginginkan tubuh yang sehat, maka rajinlah berolahraga secara rutin dan teratur, maka tubuh yang sehat serta bugar pun akan dengan mudah Anda dapatkan. Selain itu, jika tubuh kurang berolahraga dapat mengganggu regenerasi tubuh perusak organ ginjal. Disarankan untuk selalu berolahraga bersama keluarga, karena jika olahraga dilakukan bersama-sama akan terasa menyenangkan.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ginjal keluarga. Mengubah sesuatu memang sangat sulit namun harus tetap berusaha. Mulai dari sekarang, jika Anda sering menggunakan banyak garam dalam makanan, sebaiknya mulai mengurangi sedikit demi sedikit. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/awas-10-kebiasaan-buruk-ini-bisa-merusak-ginjal-Anda/

https://tribunnews.com/tribunners/2016/11/07/kebiasaan-buruk-yang-merusak-ginjal-secara-perlahan


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store