Tips Menjaga Kesehatan Keluarga

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

78

Setiap keluarga pasti memiliki cara tersendiri dalam mengurus keluarga, dalam kehidupannya sehari-hari, termasuk pola asuh anak dan pola hidup. Menerapkan pola hidup sehat tidak mengharuskan Anda memiliki ekonomi yang mapan. Semua keluarga dapat menjalankan pola hidup sehat dengan berbagai hal sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing. Berikut tips menjaga kesehatan keluarga yang dapat anda lakukan di rumah.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membuat seluruh anggota tubuh bergerak sehingga kinerja tubuh dapat bekerja maksimal. Anda dapat mengajak keluarga anda untuk melakukan olahraga ringan seperti berlari keliling kompleks di akhir pekan, jalan santai, bersepeda, atau membersihkan rumah bersama-sama.

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Selalu perhatikan makanan yang Anda dan keluarga konsumsi, pastikan makanan yang Anda konsumsi merupakan makanan sehat yang mengandung gizi yang seimbang. Selalu sediakan makanan dengan komposisi lengkap yang terdiri dari sumber energi, zat pembangun, dan zat pengatur.

Dalam satu porsi makanan (satu piring), sumber energi yang baik harus mencapai 1/3 porsi. Sumber energi ini bisa didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Misalnya, nasi, bubur, jagung, gandum, atau umbi-umbian.

Untuk zat pembangun, bisa didapatkan dari protein, baik protein hewani maupun nabati. Ayam, ikan, telur, hingga tempe merupakan contoh-contoh sumber protein yang mudah untuk didapatkan. Zat pembangun ini disediakan dalam 1/4 porsi makanan.

Yang terakhir, untuk zat pengatur bisa didapatkan dari sayur dan buah yang mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayur perlu disajikan sebanyak 1/6 porsi. Sedangkan buah perlu disajikan sebanyak 1/4 porsi.

  1. Camilan sehat dari buah-buahan

Selain menyediakan buah dalam porsi makanan, Anda juga dapat menjadikan buah sebagai cemilan disela waktu Anda dengan keluarga. Selain rasanya yang enak, buah dapat Anda olah menjadi berbagai menu camilan sehat.

  1. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal yang harus diperhatikan dan dijaga dengan baik. Karena hal ini sangat mempengaruhi kesehatan dalam keluarga Anda. Anda harus menjaga kebersihan dan kerapihan badan Anda dan keluarga. Ajarkan anak Anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah dari kamar mandi, atau setelah menyentuh hewan peliharaan. Selain itu, ajarkan kepada anak Anda untuk membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, selalu menjaga kebersihan, dan merapikan barang yang telah selesai digunakan.

  1. Istrahat yang cukup

Setelah melakukan aktifitas seharian, tubuh sangat membutuhkan istrahat yang cukup. Waktu normal yang dibutuhkan oleh tubuh untuk istrahat tidur adalah selama kurang lebih 8 jam dalam sehari. Karena ketika tubuh anda mendapatkan tidur yang cukup, daya tahan tubuh dan energi dalam tubuh anda akan meningkat. Sehingga dapat menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit. (RA/STE)

Daftar Pustaka

  1. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3609496/langkah-mudah-menjaga-kesehatan-keluarga
  2. http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/1162920/memahami-pola-hidup-yang-sehat-untuk-keluarga

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store