Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Gadget

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

115

Di jaman yang serba digital saat ini, tanpa sadar kegiatan sehari-hari menjadi sangat bergantung pada penggunaan komputer dan gadget. Di kantor, tidak jarang Anda diharuskan bekerja di depan layar komputer selama 8-9 jam sehari. Setelah itu pun, di waktu luang, Anda banyak menghabiskan waktu untuk bermain smartphone atau tablet Anda. Anda tentunya sadar jika terlalu sering dan lama menatap layar komputer dan smartphone akan memberi dampak yang tidak baik untuk kesehatan mata. Salah satunya adalah mata menjadi lelah dan mata kering. Walaupun sangat kecil kemungkinan mata lelah berubah menjadi kondisi yang serius, namun efek yang terakumulasi dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi gangguan pengelihatan yang tidak bisa dihiraukan lagi.

Berikut tips merawat kesehatan mata bagi pagi pengguna gadget:

  1. Jika pekerjaan Anda memang menggunakan komputer seharian, usahakan Anda rutin beristirahat dengan cara menjauh dari layar komputer, misalnya setiap 30 menit atau satu jam, rilekslah atau berjalan-jalanlah sebentar selama 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, Jangan terlalu fokus pada layar komputer, sesekali lihatlah sudut ruangan atau melihat keluar jendela. Ini untuk mengalihkan perhatian agar tidak terlalu fokus pada layar komputer.
  2. Mengatur jarak pandang mata ke-gadget. Jarak idealnya adalah 30 sampai 40 cm. pastikan posisi gadget tidak sejajar dengan mata agar mata tetap sehat dan terjaga.
  3. Saat waktu istirahat, cobalah untuk melihat objek yang jauh. Salah satunya dengan cara melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot bahu dan leher agar mencegah sindrom penglihatan komputer (Computer Vision Syndrome).
  4. Batasi penggunaan gadget, penggunaannya maksimal 2 jam setiap hari.  Jika Anda menggunakan gadget atau komputer lebih dari dua jam, Anda harus rutin melakukan olahraga mata atau penyegaran pandangan. Jangan hanya terpaku pada layar gadget
  5. Atur cahaya gadget dengan ruangan yang Anda gunakan, pastikan cahaya gadget tidak terlalu terang dibandingkan cahaya ruangan. Karena cahaya yang terlalu terang yang dipancarkan oleh gadget akan membuat mata mudah merasa lelah dan mengganggu kesehatan mata.
  6. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung Vitamin A seperti wortel. memakan makanan yang sehat dan kaya nutrisi pasti akan membuat mata Anda menjadi lebih sehat.
  7. Lakukan pemijatan didaerah sekitar mata, hal ini dapat mengurangi mata lelah. Tindakan ini dilakukan gara aliran darah disekitar mata akan menjadi lancar dan maja menjadi segar kembali.

Mata merupakan salah satu indra yang sangat penting untuk kehidupan. Itulah sebabnya, menjaga kesehatan mata menjadi hal yang tak kalah penting. Semoga tips di atas berguna untuk Anda menjaga kesehatan mata ditengah maraknya penggunaan gadget saat ini. (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://www.liputan6.com/tekno/read/3584067/tips-jaga-kesehatan-mata-saat-terlalu-lama-main-gadget
  2. https://www.vemale.com/kesehatan/117404-cara-menjaga-kesehatan-mata-meski-suka-main-gadget-terlalu-lama.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store