Tips Menjaga Kesehatan Sendi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

167

Persendian merupakan sambungan diantara dua tulang. Bagian tubuh yang satu ini terletak di beberapa tempat, seperti di jari tangan, siku, pergelangan tangan, bahu, tulang belakang, rahang, panggul, pangkal paha, lutut, kaki, dan antara tulang dada dan tulang selangka. Persendian umumnya terbuat dari jaringan ikat fibrosa dan tulang rawan beserta sinovial sebagai bantalan diantara kedua ujung tulang. Persendian memiliki fungsi penting, yaitu menghubungkan tulang agar bagian tubuh dapat bergerak dan juga melindungi antara sambungan tulang dengan mencegah gesekan satu sama lain.

Persendian harus dirawat dan dijaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan baik. Jika kesehatannya terganggu, hal tersebut akan menganggu aktivitas Anda sehari-hari. Nah untuk menjaga kesehatan sendi, berikut tipsnya yang dapat Anda lakukan dirumah.

  1. Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan menyebabkan sendi-sendi tertentu, seperti sendi lutut, pinggul, dan punggung menanggung beban yang lebih besar. Makin berat bobot seseorang, maka makin tinggi risiko gangguan yang dapat timbul pada sendi. Jadi disarankan untuk menurunkan berat badan hingga ke angka normal, hal ini akan mengurangi beban kerja sendi.

  1. Hindari duduk dan berdiri terlalu lama

Duduk atau berdiri di atas kaki sepanjang hari justru berbahaya bagi sendi Anda. Duduk atau berdiri untuk waktu yang lama akan membuat sendi Anda “terkunci” dalam posisinya. Duduk terlalu lama akan memberi tekanan pada tulang belakang dan pinggul, sementara berdiri akan memengaruhi sendi di pinggul, lutut, pergelangan kaki dan kaki. Hal ini akan mengurangi pelumasan dan bantalan normal pada sendi Anda sehingga sendi cenderung mudah robek.

  1. Menjaga postur tubuh yang baik

Seorang profesor bedah tulang menyarankan untuk duduk, berdiri, dan berjalan dengan postur yang baik (tulang punggung lurus sejajar) agar berat badan terbagi dengan merata dan tubuh menjadi seimbang. Postur tubuh yang buruk dapat mengganggu keseimbangan dan memberikan tekanan yang tidak perlu pada persendian. Efeknya, persendian menjadi nyeri dan rusak. Disarankan untuk membiasakan diri dengan postur tubuh yang baik seperti pundak sejajar, dada tegak, perut sedikit ditarik ke dalam, dan telapak kaki menghadap ke depan.

  1. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga

Banyak atlet profesional dan dokter yang setuju akan pentingnya pemanasan sebelum berolahraga. Pemanasan penting untuk mencegah cedera sendi saat berolahraga dan agar tubuh dapat beradaptasi dengan gerakan.

  1. Konsumsi makanan dan minuman untuk kesehatan tulang dan sendi

Asupan makanan yang kaya mineral sangat penting untuk membantu tulang Anda menjadi lebih kokoh sekaligus menurunkan risiko osteoporosis. Kalsium dan vitamin D berperan penting dalam meningkatkan kesehatan sendi .kalium dan vitamin D dapat Anda ditemukan pada produk susu, yoghurt, brokoli, buah ara, salmon, dll. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan suplemen kalsium dengan resep dari dokter. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguan-muskuloskeletal/6-cara-menjaga-sendi-tetap-kuat/

https://www.alodokter.com/8-rahasia-memiliki-sendi-yang-sehat-sampai-tua


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store