Tips Menjaga Kesehatan Telinga

37

Telinga adalah bagian tubuh yang berfungsi untuk mendegar suara dan memiliki peran dalam menjaga keseimbangan tubuh. Kesehatan dan kebersihan telinga penting untuk diperhatikan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan penurunan fungsi telinga. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan telinga:

  • Hindari mendengar suara yang terlalu keras. Saat berada di rumah, biasakan untuk mengecilkan volume televise, radio atau pemutar musik lainnya. Jika berada di tempat umum dengan suara yang cukup keras, jauhi sumber suara dan batasi lamanya waktu terpapar suara keras serta sebaiknya keluar sejenak untuk mengistirahatkan telinga.
  • Jangan membersihkan telinga secara berlebihan. Kotoran telinga sebenarnya dibentuk tubuh sebagai salah satu cara untuk melindungi bagian dalam telinga dari kotoran dan debu. Telinga juga sebenarnya memiliki cara alami untuk membersihkan kotorannya. Hindari kebiasaan mengorek telinga atau membersihkan telinga dengan cotton bud karena dapat melukai telinga dan juga dapat membuat kotoran telinga terdorong masuk lebih ke dalam. Penggunaan ear candle untuk membersihkan telinga juga tidak disarankan.
  • Gunakan alat pelindung telinga sesuai kebutuhan. Jika suara keras tidak dapat dihindari sebaiknya gunakan alat pelindung yang tepat.
  • Jaga telinga agar selalu kering. Kondisi telinga yang sering basah atau terlalu lembap dapat memungkinkan bakteri dan jamur berkembang biak di dalam telinga dan akan memicu iritasi ataupun infeksi pada telinga.
  • Gunakan obat hanya jika diperlukan dan sesuai dengan petunjuk. Hindari menggunakan obat atau tetes telinga yang tidak sesuai dengan anjuran dokter.
  • Olahraga rutin dan kelola stress dengan baik. Aktivitas fisik seperti berjalan, berlari, atau bersepeda dapat melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk telinga. Hal ini dapat membuat bagian telinga tetap sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik. Stres dan kecemasan yang tidak dikelola dengan baik sering dikaitkan dengan munculnya gangguan telinga berupa tinnitus yang dapat bersifat sementara maupun permanen.
  • Lakukan pemeriksaan telinga secara rutin. Pemeriksaan telinga ke dokter THT secara rutin penting dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga dan mendeteksi adanya gangguan pada telinga sehingga tindakan penanganan bisa segera dilakukan. (PK/PP)