Tips Menjaga Kesehatan Untuk Pekerja Shift Malam

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

87

Terkadang profesi Anda menuntut untuk kerja shift malam seperti dokter, perawat, pramugari, pilot, pengemudi, pegawai pabrik, jurnalis, staff percetakan, petugas keamanan, atau penjaga toko 24 jam. Menurut National Sleep Foundation, waktu kerja ini sering dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti peningkatan risiko masalah metabolisme, penyakit jantung, gangguan pencernaan, obesitas, hingga kanker. Kerja shift malam juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan DNA. Selain itu, kadar melatonin dalam tubuh juga menurun, ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur jam biologis tubuh. Namun, Anda tetap bisa menjaga kesehatan tubuh Anda selama kerja shift malam dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup. Berikut tips menjaga kesehatan selama Anda kerja shift malam.

  1. Menjaga pola makan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan untuk menjaga tubuh tetap sehat meski bekerja di malam hari adalah harus menjaga pola makan. Meski Anda mengantuk saat pagi hari, usahakanlah untuk tetap makan makanan sehat. Jika Anda tidak menjaga pola makan Anda akibatnya adalah Anda akan mudah sekali terkena gangguan kesehatan berupa maag dan juga asam lambung. Bagi yang sudah memiliki penyakit lambung dan sudah memiliki penyakit maag, saat dia bekerja malam dan tidak menjaga pola makannya maka penyakit lambung dan penyakit maagnya akan mudah kambuh.

  1. Batasi mengonsumsi kafein

Banyak pekerja malam yang menjaga dirinya agar tidak mengantuk dengan mengkonsumsi kafein di saat malam hari. Banyak pekerja malam yang mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi untuk selalu menajga dirinya agar selalu terjaga. Anda dapat mengonsumsi kopi tapi harus sesuai dengan dosis harian atau tidak berlebihan, hal ini akan membantu Anda tetap terjaga selama kerja shift malam. Namun, jika Anda mengonsumsi kafein atau kopi dengan berlebihan, justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kejang otot. Disarankan jika mengonsumsi kopi harus dihentikan sekitar 6 jam sebelum tidur untuk memastikan bahwa stimulan tidak memengaruhi tidur Anda.

  1. Mengatur pola tidur

Normalnya, waktu tidur yang cukup adalah selama 7-9 jam untuk orang dewasa. Waktu tidur yang cukup membuat Anda lebih fokus bekerja. Selain itu, juga dapat mencegah Anda terkena risiko penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Bekerja dengan shift malam bukan alasan untuk tidak tidur. Bila memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan tidur disaat istirahat atau 30 menit sebelum berangkat kerja, yang nantinya akan membuat tubuh terasa lebih segar.

  1. Mengkonsumsi cukup cairan

Saat bekerja malam hari sebaiknya pekerja di malam hari mengganti kafein dengan segelas air putih hangat. Air putih hangat itu sangat berguna untuk menjaga kesehatan pekerja shift malam. Air putih itu bisa digunakan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Perlu diketahui bahwa air dibutuhkan sebanyak 70% di dalam tubuh manusia dan ini menjadikan zat terpenting kedua setelah oksigen. Jadi dengan Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup akan menghindarkan tubuh mengalami letih dan lesu, sehingga meskipun sering bekerja malam tubuh pekerja shift malam akan tetap bugar dan tidak lesu.

Itulah berbagai cara yang bisa digunakan untuk menjaka kesehatan bagi pekerja malam hari. Bagi Anda yang sering berkerja saat malam hari ada baiknya Anda melakukan cara menjaga kesehatan bagi pekerja malam yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/berikut-tips-agar-pekerja-shift-malam-bisa-tetap-sehat/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/jaga-kesehatan-kerja-shift-malam/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store