TIPS MENJAGA RAMBUT DARI KETOMBE

35

Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering, atau kondisi kulit yang disebut dermatitis seboroik, dan juga bisa disebabkan oleh eksim, psoriasis, atau, sangat umum, pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut malassezia.

Penyebab

Penyebab pasti ketombe tidak diketahui, Kemungkinan penyebab ketombe meliputi:

  • Reaksi terhadap jenis jamur yang hidup di kulit yang disebut Malassezia
  • Hormon, yang mungkin terlibat karena ketombe biasanya terjadi setelah pubertas
  • Tidak menyikat rambut secara teratur, yang dapat menyebabkan ketombe karena sel-sel kulit mati tidak dapat ditumpahkan dengan benar
  • Infeksi jamur, baik dari lapisan luar kulit (infeksi jamur superfisial) atau lapisan kulit yang lebih dalam (infeksi jamur subkutan)
  • Stres, yang juga diduga memicu ketombe atau memperparah gejalanya
  • Orang dengan kulit kering lebih mungkin terkena ketombe.

Penanganan Ketombe

Sebelum menggunakan perawatan apa pun untuk ketombe atau dermatitis seboroik, dapatkan saran dari dokter Anda.Perawatan ketombe bertujuan untuk memperlambat reproduksi sel-sel kulit dan menangkal produksi jamur yang mungkin menyebabkan kondisi tersebut.Jika Anda sedang hamil atau menyusui, tanyakan kepada dokter umum atau apoteker Anda sebelum menggunakan perawatan apa pun untuk ketombe atau dermatitis seboroik. Beberapa produk yang efektif untuk mengatasi ketombe misalnya:

  • Zinc Pyrithione. Perawatan antijamur ini mengurangi produksi ragi.
  • Asam salisilat. Bahan ini termasuk dalam kelompok obat-obatan yang disebut agen keratolitik dan membantu melembutkan dan meluruhkan sel-sel kulit pada kulit kepala Anda (meskipun dapat membuat kulit kepala Anda lebih kering daripada sebelum Anda menggunakan perawatan).
  • Selenium sulfide. Ini adalah bahan anti infeksi yang mengurangi rasa gatal dan mengelupas kulit kepala dan menghilangkan serpihan kering (diskusikan hal ini dengan dokter umum atau apoteker sebelum menggunakannya, dan jangan gunakan pada anak di bawah usia dua tahun).
  • Ketoconazole. Bahan ini sering merupakan bahan antijamur yang paling efektif dalam mengurangi dan membuang sel-sel dari kulit kepala. Dalam kasus-kasus ketombe yang parah dan terus-menerus, bahan ini mungkin berhasil ketika sampo anti dandruff lainnya hanya sedikit atau tidak memiliki efek sama sekali.
  • Coal Tar. Produk yang mengandung tar batubara (cairan kental hitam yang diekstraksi dari batubara) juga efektif dalam mengobati ketombe dan dermatitis seboroik.

Tips terhindar dari Ketombe

Langkah-langkah berikut dapat membantu mencegah ketombe:

  • Usahakan untuk tidak menggaruk kulit kepala saat menggunakan shampoo. Pijat lembut kulit kepala Anda tanpa goresan karena ini tidak akan merusak kulit kepala atau rambut Anda.
  • Sikat rambut Anda setiap hari dan cuci setidaknya tiga kali seminggu. Setelah mencuci rambut, bilas sampai bersih untuk mengeluarkan semua sampo. Menggunakan sampo yang mengandung minyak pohon teh setiap hari dapat membantu mengurangi ketombe.
  • Hindari menggunakan bahan kimia di kulit kepala Anda, seperti yang digunakan dalam produk pewarnaan rambut. Zat kimia mengurangi jumlah bakteri di kulit kepala yang dibutuhkan untuk melawan jamur. Menggunakan produk rambut, seperti gel rambut dan semprotan rambut, dapat menimbun minyak dan dapat mengiritasi kulit kepala pada beberapa orang. Anda mungkin ingin berhenti menggunakan produk untuk sementara waktu untuk melihat apakah ketombe Anda membaik, atau mengubah produk sepenuhnya.
  • Menghabiskan waktu di luar rumah dapat membantu mengurangi ketombe. Namun, sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak kulit Anda, serta meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Pastikan Anda melindungi diri dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dengan faktor perlindungan kulit (SPF) yang sesuai untuk jenis kulit Anda.
  • Mengelola stres dapat mengurangi risiko ketombe. Stres dapat memiliki efek buruk pada kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat meningkatkan risiko menjadi sakit. Stres juga dapat memicu ketombe atau memperburuk ketombe yang ada. (RA/PAY)

Referensi:

Health Service Executive. Dandruff. https://www.hse.ie/eng/health/az/d/dandruff/prevention-of-dandruff.html. Diakses 17 November 2019

Mayo Clinic (2016). Diseases & Conditions. Dandruff.

NHS Choices. Dandruff. https://www.nhs.uk/conditions/Dandruff/. Diakses 17 November 2019

WebMD. Dandruff and remedies. www.webmd.com/…/understanding-dandruff-treatment. Diakses 17November 2019.