Tips Menyembuhkan Diri Dari Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

72

PTSD (post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pascatrauma adalah kondisi kejiwaan yang dipicu oleh kejadian tragis yang pernah dialami atau disaksikan. Contoh peristiwa traumatis yang dapat memicu kondisi ini adalah kecelakaan lalu lintas, bencana alam, tindak kejahatan seperti pemerkosaan atau perampokan, atau pengalaman di medan perang. PTSD termasuk kategori gangguan kecemasan yang membuat penderitanya tidak bisa melupakan atau sebaliknya tidak mau mengingat pengalaman traumatis tersebut, serta berpikir negatif terhadap diri sendiri dan dunia sekitarnya. Kondisi ini umumnya ditandai dengan mimpi buruk, merasa terisolir, kesal, memiliki perasaan bersalah, sulit berkonsentrasi, serta sulit tidur atau insomnia. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan tips dibawah ini!

  1. Kenali gejala PTSD

Hal yang paling utama yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara Mencari tahu penyebab trauma lebih mendalam. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana mencegah rasa trauma datang  kembali. Beberapa gejala utama PTSD adalah munculnya perasaan seperti sedang mengalami lagi kejadian traumatis, menghindari ingatan tentang kejadian traumatis, kecemasan yang tinggi, dan kecenderungan bersikap emosional. Gejala lainnya adalah mudah marah dan kesal, merasa bersalah atau menyalahkan diri sendiri, ingin menyakiti diri sendiri, merasa dikhianati, depresi dan putus asa, berpikir dan merasa ingin bunuh diri, merasa tersisihkan dan kesepian, mengalami sakit dan nyeri fisik.

2. Mendekatkan diri kembali ke lingkungan sosial

Mulailah mencoba untuk berinteraksi kembali dengan orang lain, dengan cara cobalah sedikit demi sedikit untuk berbagi cerita dengan seseorang dapat mengurangi tekanan pikiran dibanding menyimpan masalah yang dialami sendiri. Anda dapat berbagi cerita dengan keluarga dan teman. Mereka akan menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan.

  1. Belajar teknik relaksasi

Penderita PTSD akan merasa sangat stres jika teringat lagi pengalaman yang membuatnya trauma. Gangguan stres ini bisa memengaruhi fisiknya (detak jantung lebih cepat, bernapas pendek, mual, otot tegang, dan berkeringat). Gejala tersebut bisa diatasi dengan melakukan relaksasi. Salah satu cara relaksasi yang sangat bermanfaat adalah berlatih bernapas dalam. Caranya yaitu mulailah menarik napas selama empat detik, tahan napas selama empat detik, lalu buang napas perlahan-lahan selama empat detik. Lakukan cara ini sampai Anda merasa tenang kembali

  1. Melakukan kegiatan positif yang dapat mengalihkan perhatian

Anda dapat melakukan kegiatan atau menjalankan hobi yang Anda gemari sebelumnya. Karena dengan mengalihkan perhatian kepada hal positif saat Anda sendirian adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah ingatan trauma datang kembali.  Meskipun menfokuskan pikiran pada suatu pekerjaan tidak akan langsung menghilangkan gejala PTSD, namun hal ini dapat meminimalisir dampak buruk saat mengingat trauma yang dialami, dan membantu menyeimbangkan kehidupan Anda kembali.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menyebuhkan trauma yang Anda alami. Hal terpenting adalah selalu dekatkan diri Anda dengan keluarga dan teman dan selalu terbuka tentang apa yang Anda rasakan. Dengan begitu keluarga dan teman Anda dapat menerima dan membantu proses penyembuhan Anda. semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/cara-mengatasi-trauma/

https://id.wikihow.com/Hidup-dengan-Penderita-PTSD


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store