Tips Merawat Bayi Baru Lahir

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

255

Bunda, merawat bayi baru lahir tentu saja bukanlah hal yang mudah, terutama jika anda termasuk seorang ibu yang baru pertama mempunyai momongan. Bayi baru lahir masih rentan terhadap serangan berbagai penyakit, karena itu diperlukan perawatan yang telaten dan menyeluruh. Berikut tips perawatan bayi baru lahir.

  1. Perawatan Tali Pusat

Tali pusat bayi akan terlepas dengan sendirinya antara 1 sampai 2 minggu setelah kelahiran. Namun pada kondisi tertentu, tali pusat akan terlepas lebih awal atau lebih lama. Perawatan tali pusat harus dilakukan dengan hati-hati dan bersih, mengingat daerah ini mudah sekali dapat terkena infeksi. Merawat tali pusat cukup menggunakan air matang dan biarkan tali pusat terbuka dan usahakan tali pusat tetap kering. Saat ini sudah tidak dianjurkan lagi merawat tali pusat menggunakan alkohol dan menutup tali pusat. Apabila terlihat kemerahan atau cairan keruh seperti nanah di pangkal atau area sekitar tali pusat, segera berkonsutasi dengan dokter anak Anda, bisa jadi itu sebuah infeksi.

  1. Perawatan mata bayi

Lakukan pemijatan di daerah sekitar sudut mata bayi dengan jari anda. Lakukan dengan lembut yah, pijat dari daerah sudut mata kearah bawah hingga hidung. Hal ini berfungsi merangsang produksi air mata sang bayi sekaligus alirannya. Mengingat air mata mampu mengatasi kuman pada daerah mata bayi.

  1. Perawatan kulit bayi

Mandikan bayi menimal satu kali sehari, saat memandikan gunakan sabun bayi yang mengandung pro-vitamin B5 yang berfungsi menjaga kesehatan kulit, nyaman dan membuat kulit bayi tetap halus. Setelah mandi, keringkan bayi dengan menggunakan handuk yang kering. Selanjutnya gunakan baby oil dengan vitamin E untuk menghindari kekeringan dan menjaga kelembaban kulit bayi. Selanjutnya gunakan bedak yang mengandung pro vitamin B5 untuk mengatasi masalah biang keringat.

  1. Perawatan kulit kepala bayi

Kepala  bayi biasanya akan muncul kerak kulit. Hal ini biasanya disebabkan karena kulit kepala bayi terkena debu, keringat dan polusi udara. Bunda cukup merawatnya dengan menggunakan baby oil. Caranya gosok baby oil diatas kerak kulit, kemudian diamkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan menggunakan kapas atau cotton bud secara lembut.

  1. Perawatan Kuku

Untuk mencegah kuku-kuku bayi menggores bagian-bagian yang berbahaya pada tubuhnya, bunda harus menutupi tangannya dengan menggunakan sarung tangan yang khusus bagi bayi. Selain itu anda harus menjaga dan membersihkan kuku bayi dengan memotongnya dengan hati hati jangan sampai kulitnya terluka karena alat yang digunakan. Setelah digunting, kuku bayi harus dikikis agar tidak tajam.

Perawatan di atas tentunya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran bunda karena bayi masih tidak dapat menentukan reaksi yang tepat saat perawatan tersebut berlangsung. Sabarlah jika anak Anda rewel atau tidak kooperatif. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. http://paketmadupenyuburkandunganalmabruroh.my.id/tips-merawat-bayi/yang-baru-lahir/
  2. https://id.theasianparent.com/cara-merawat-bayi-baru-lahir/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store