Tips Merawat Cacar Air Pada Anak Di Rumah

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

351

Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan dapat menular. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan yang berisi air pada seluruh tubuh, gatal dan kulit yang kemerahan. Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya  tanpa pengobatan apapun, namun sebaiknya penyakit ini sembuh lebih cepat dari pada menunggunya sembuh sendiri. Karena penyakit ini bisa sembuh dalam waktu antara 8 hingga 10 hari dan hal itu pasti akan membuat anak merasa tidak nyaman.

Ada beberapa cara yang dapat ibu coba untuk membuat anak merasa lebih nyaman selama tubuhnya terdapat benjolan-benjolan tersebut di tambah rasa gatal yang dialaminya. Ibu dapat melakukan langkah-langkah dibawah ini, agar sianak merasa nyaman selama sakit.

  1. Pisahkan barang-barang yang digunakan si anak dari kelurga lainya, seperti handuk, pakakian, piring, gelas dan lainya. Hal ini dapat mengurangi proses penularan virus kepada keluarga.
  2. Pastikan tempat tidur anak selalu bersih, bila memungkinkan ganti seprai yang digunakan si anak setiap hari.
  3. Potong kuku si anak jika terlihat panjang. Hal ini harus dilakukan agar ketika sianak merasa gatal dan menggaruk bintil cacar air, bintik cacar tersebut tidak pecah. Karena ketika bintik cacar tersebut pecah, akan terjadi luka yang lebih mudah terinfeksi.
  4. Perhatikan makanan yang dikonsumsi oleh si anak. Pastikan makanan yang dia konsumsi mengandung protein dan tinggi kalori serta sumber vitamin dan mineral.
  5. Perhatikan dan periksa kondisi suhu tubuh si anak setiap harinya. jika anak mengalami demam, anda dapat memberikan obat paracetamol. Namun, ada baiknya untuk pemberian obat ibu harus berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.
  6. Pastikan kebutuhan cairannya tercukupi. Dengan anak banyak minum air dapat membantu kulitnya menjadi lembab, sehingga mengurangi rasa gatal yang dia rasakan, serta membantu penyembuhan luka cacar air.
  7. Pastikan anak mendapatkan waktu istrahat yang cukup hal ini dapat mendorong proses penyembuhan lebih cepat. (RA)

Daftar Pustaka:

  1. https://id.wikihow.com/Merawat-Cacar-Air-di-Rumah/
  2. https://www.homecare24.id/artikel/7-hal-dalam-merawat-cacar-air-pada-anak/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store