TIPS MERAWAT KESEHATAN MATA

45

Dari sekian banyaknya aktivitas sehari-hari, mata selalu kita gunakan. Ada beberapa kondisi yang akan menyebabkan mata Anda memiliki risiko kesehatan, antara lain:

  1. Berusia semakin tua
  2. Kelebihan berat badan atau obesitas
  3. Memiliki riwayat penyakit mata keluarga
  4. Kondisi kesehatan lainnya, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Sebagai contoh, orang dengan diabetes berisiko untuk mengalami retinopati diabetic, suatu kondisi mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan dan kebutaan.

Perawatan mata yang baik penting untuk diketahui dan dilakakukan untuk menjaga kesehatan mata. Meskipun tidak semua penyakit mata dapat dicegah, namun ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kondisi mata yang sehat. Berikut ini beberapa tips merawat kesehatan mata:

  • Memakai kacamata hitam.

Terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko terkena katarak dan degenerasi makula. Jika berniat melakukan aktivitas di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan kacamata hitam sebagai pelindung mata. Pilihlah kacamata hitam yang benar-benar dapat menghalau sinar UV.

  • Jangan terlalu lama menatap layar gadget.

Terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel dapat menyebabkan beragam masalah, seperti mata lelah, pandangan menjadi kabur, mata kering, sakit kepala, sakit leher, sakit punggung, dan juga nyeri bahu. Jika seseorang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, disarankan untuk menggunakan kacamata khusus komputer atau anti radiasi; hindari silau dari jendela dan lampu, jika perlu gunakan layar anti-silau; pilih kursi yang nyaman dan mendukung, sejajarkan kaki rata dengan lantai; jika mata Anda kering, perbanyaklah mengedip; serta jangan lupa untuk mengistirahatkan mata Anda setiap 20 menit.

  • Konsumsi makanan yang baik untuk mata.

Makanan yang baik untuk mata adalah yang mengandung antioksidan yang terdiri dari berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, dan E. Kandungan vitamin tersebut bisa didapatkan dari wortel, brokoli, bayam dan telur.

  • Hindari menggosok mata dengan kasar.

Tidak menggosok mata secara kasar dan berlebihan dapat membantu menjaga kesehatan mata. Ketika mata Anda terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara otomatis Anda akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan.

  • Rutin melakukan pemeriksaan mata.

Pemeriksaan mata adalah salah satu bentuk perawatan mata penting yang perlu dijalani dengan rutin. Pemeriksaan mata dilakukan untuk menilai fungsi penglihatan, memeriksa kondisi mata, dan mendeteksi dini gangguan mata agar masalah pada mata dapat tertangani sejak dini. Jika seseorang memang telah memiliki masalah pada mata, jadwal pemeriksaan mata akan lebih sering diperlukan sesuai dengan saran dokter. (PK/PAY)

Referensi:

  • American Academy of Ophthalmology. Top 10 Tips to Save Your Vision. 2015
  • WebMD. How to Keep Your Eyes Healthy. 2019
  • NIH National Eye Institute. Keep Your Eyes Healthy. 2019