TIPS MERAWAT KUKU CANTIK DAN BERSIH

59

Kuku yang terawat dengan baik akan membuat Anda terlihat cantik. Kuku cantik dan bersih juga bisa menggambarkan kebersihan dan kondisi kesehatan seseorang. Selain itu, kuku yang cantik juga dapat menambah kepercayaan diri. Berikut ini adalah beberapa tips merawat kuku Anda agar terlihat lebih bersih, cantik dan sehat, antara lain:

  • Batasi perawatan salon

Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan kuku di salon. Tapi, terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon akan membuat kuku menjadi rapuh karena kuku sering terpapar unsur-unsur kimia yang keras. Selain itu, ada kemungkinan terkena infeksi bakteri dan jamur kuku atau bagian sekitar kuku menjadi bengkak.

  • Lakukan perawatan kuku di rumah

Rawatlah kuku Anda dengan cara mengguntingnya ketika kuku sudah panjang. Menggunting kuku secara rutin akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir. Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikan pelembap. Berhati-hatilah ketika sedang membersihkan bagian dalam kuku, karena berisiko menyebabkan infeksi jamur atau bakteri.

  • Jangan terlalu sering menggunakan penghapus kutek

Menggunakan penghapus kutek terlalu sering justru bisa membuatnya rusak. Kuku bisa mengalami retak kecil hingga retak permanen. Penggunaan aseton untuk membersihkan kuku juga dapat membuat kuku rusak. Aseton ditemui dalam cairan penghapus kuteks. Sebuah studi menemukan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan menggunakan aseton akan menjadi bertambah rapuh.

  • Berikan perawatan alami

Untuk mendapatkan kuku cantik, Anda bisa mencoba beberapa cara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya dengan merendam kuku pada air garam hangat. Selain itu, tea tree oil juga dapat menjadi bahan alami merawat kuku. Minyak ini dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kuku.

  • Rawat kuku cantik dari dalam

Jika ingin mendapat kuku cantik dan sehat, Anda perlu menjaga asupan gizi serta mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Biotin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks. Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah pecah dan patah. Contoh makanan yang mengandung biotin adalah gandum, bayam, susu, telur, ubi, salmon dan ayam.

Kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang. Rawatlah kuku dengan baik agar selalu terlihat bersih dan cantik. Namun, untuk mencegah infeksi atau kerusakan pada kuku, lebih berhati-hatilah dalam merawatnya. (RD/PAY)

Referensi:

  • Everyday Health. 8 Ways to Keep Your Nails Healthy. 2013
  • Bouchez C, Chang L. A Dozen Tips for More Beautiful Nails. WebMD. 2006