Tips Merawat Kulit Selama Traveling Ala Pakdok

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

135

Setiap orang pasti ingin tampil menarik saat sedang berlibur, terutama agar foto-fotonya bagus di-posting di social media. Oleh karena itu, meskipun sedang berpergian, kulit tetap harus dirawat. Jangan sampai aktivitas traveling kamu justru merusak kesehatan kulit. Nah berikut tips merawat kulit selama traveling ala Pakdok.

  1. Harus mengetahui cuaca dan iklim yang dituju

Setiap daerah memiliki iklim yang berbeda, jadi Anda harus mencari informasi dahulu tentang tempat yang akan Anda kunjungi. Hal ini berguna agar Anda dapat mempersiapkan pakaian jenis apa yang harus dibawa dan jenis perawatan kulit seperti apa yang harus Anda gunakan di daerah tersebut.

Pada daerah yang cenderung panas, gunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat. Bila perlu sediakan pula pakaian lebih agar Anda dapat segera berganti pakaian, apabila dirasa pakaian terlampau basah akibat keringat. Bila tidak, keringat dari pakaian berpotensi sebagai tempat tumbuhnya bakteri sehingga dapat menyebabkan ruam kemerahan, gatal, dan infeksi pada kulit.

Sedangkan pada daerah yang cenderung dingin, pastikan Anda menggunakan pakaian yang cukup hangat. Gunakan pakaian berlapis apabila perlu, agar menjaga tubuh Anda tetap hangat. Dengan menjaga tubuh Anda cukup hangat, Anda juga menjaga sirkulasi darah pada kulit Anda. Dengan sirkulasi darah yang baik, kulit tidak menjadi pucat dan mudah mengelupas akibat mati kekurangan pasokan oksigen dan nutrisi.

  1. Gunakan pelembap moisturizer

Selama perjalanan, Anda diharuskan tetap menjaga kelembapan kulit agar tidak kusam dan kering. Selalu gunakan pelembap setiap saat, terutama saat Anda berada diluar ruangan, saat terpapar matahari, atau bahkan berada dalam ruangan yang berAC dalam jangka waktu yang lama. Anda dapat memilih pelembab kulit berukuran kecil agar mudah dibawa kemanapun, sehingga dapat digunakan kapan saja kulit Anda terasa kering dan kusam.

Selain membawa pelembab untuk kulit, ingat juga untuk menyiapkan pelembab untuk bibir Anda. Bibir yang pecah-pecah sebaiknya tidak Anda basahi dengan lidah Anda, karena dapat menyebabkannya semakin pecah-pecah. Sebaliknya, gunakan pelembab bibir sebelum mengenakan lipstick dan tambahkan kapan saja Anda merasa bibir Anda mulai kering.

  1. Minum air putih yang cukup

Selalu membawa air putih kemanapun Anda pergi. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air minum agar tubuh tetap terjaga dari kondisi dehidrasi dan menjaga kulit tetap lembap.

Kebutuhan perhari pada orang dewasa normal berkisar 2L air atau setara dengan 8 gelas per hari. Saat traveling seringkali tubuh memerlukan lebih banyak air. Terutama bila traveling tersebut memaksa untuk melakukan perjalanan kaki yang panjang atau pada cuaca yang panas.

  1. Gunakan tabir surya

Ketika Anda akan melakukan traveling didaerah yang panas, sebaiknya Anda menggunakan lotion tabir surya dengan SPF diatas 15. Selain untuk menjaga agar kulit Anda tidak bertambah gelap akibat terpapar sinar matahari, tetapi juga untuk menjaga kulit Anda dari kemerahan akibat terbakar sinar matahari (sunburnt) serta bahaya sinar UV yang dipancarkan matahari.

Anda dapat memilih tabir surya yang tahan pada air (waterproof) apabila kegiatan traveling Anda bersinggungan dengan aktifitas dalam air seperti berenang, menyelam, arum jeram, ataupun permainan air lainnya. Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum Anda keluar dari ruangan agar tabir surya diserap terlebih dulu oleh permukaan kulit dan dapat memberikan perlindungan optimal. Ulangi pemakaian setiap 2 jam, agar efek perlindungan yang Anda dapatkan dari tabir surya ini bekerja secara maksimal.

  1. Jaga pola makan

Walaupun Anda sedang traveling, Anda di sarankan untuk memperhatikan pola makan. Pastikan nutrisi yang ada dalam makanan yang Anda konsumsi terpenuhi, karena dengan nutrisi yang terpenuhi, kesehatan kulit juga akan tetap terjaga. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, karena kedua jenis makanan ini tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi namun juga dapat membantu memenuhi kebutuhan serat serta cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka

https://vemale.com/cantik/99580-tips-merawat-kulit-selama-travelling.html

https://merdeka.com/gaya/5-cara-menjaga-kesehatan-kulit-selama-bepergian.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store