TIPS MERAWAT KULIT WAJAH

44

Kesehatan kulit dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya paparan sinar matahari, paparan racun atau zat kimia tertentu, termasuk dengan bertambahnya usia. Seperti halnya kulit pada umumnya, jenis kulit wajah dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yakni jenis kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, serta jenis kulit wajah sensitif. Sebagian orang mungkin memiliki jenis kulit kombinasi di area yang berbeda. Jenis kulit wajah bergantung pada beberapa faktor, yakni kandungan air pada kulit yang akan memengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit, serta tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu. Jenis kulit seseorang dapat berubah seiring pertambahan usia atau karena pengaruh faktor lain, misalnya penyakit yang diderita.

Mengenali jenis kulit wajah sangatlah penting untuk membantu seseorang dalam memilih produk serta cara perawatan yang tepat sesuai jenis kulit wajahnya. Berikut adalah beberapa jenis kulit:

  1. Kulit kering memiliki karakter bersisik, bersisik, atau kasar.
  2. Kulit berminyak tampak berkilau, berminyak, dan mungkin memiliki pori-pori besar.
  3. Kulit kombinasi kering di beberapa titik (pipi) dan berminyak di tempat lain (dahi, hidung, dan dagu)
  4. Kulit sensitif dapat terasa menyengat, membakar, atau gatal setelah Anda menggunakan makeup atau produk lainnya.
  5. Kulit normal bersifat seimbang, jernih, dan tidak sensitif.

Perawatan kulit wajah tak harus selalu dilakukan di klinik kecantikan. Menjaga kulit wajah tetap sehat juga bisa dilakukan secara mandiri dengan mudah. Berikut ini beberapa tips merawat kulit wajah:

  • Membersihkan dan mencuci wajah dengan benar.

Langkah cuci muka yang benar adalah dengan cuci tangan terlebih dahulu agar tangan bersih dan tidak menyebabkan bakteri dan kotoran semakin menumpuk di kulit wajah; bersihkan makeup di wajah dengan produk yang tepat sampai benar – benar bersih; cuci muka menggunakan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit; serta keringkan wajah secara perlahan. Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

  • Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya.

Memakai tabir surya adalah prinsip perawatan wajah rutin yang sama sekali tidak boleh terlewatkan. Paparan sinar UV matahari bisa menyebabkan kulit wajah jadi cepat keriput dan muncul garis halus, serta muncul bintik-bintik hitam di kulit. Selain itu, radiasi sinar matahari bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit.

  • Hindari merokok.

Rokok bisa membuat kulit wajah seseorang terlihat lebih tua dan lebih gampang muncul kerutan. Merokok juga dapat menurunkan produksi kolagen di dalam tubuh.

  • Minum air putih yang cukup, makan makanan sehat, serta kelola stres.
  • Hindari kebiasaan memencet jerawat serta hindari juga terlalu sering menyentuh wajah dengan menggunakan tangan. (PK/PAY)

Referensi:

Mayo Clinic. Skin care: 5 tips for healthy skin. 2019

Healthline. How to Take Care of Your Skin. 2018

American Academy of Dermatology. Everyday care. How to safely exfoliate at home. 2019

WebMD. Building Your Perfect Skin Care Routine. 2018