Tips Merawat Wajah Agar Awet Muda

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

257

Semua wanita pasti mengingikan kulit wajah yang awet muda dan tetap cantik meski usia terus bertambah. Penuaan dini atau munculnya tanda-tanda penuaan biasanya terjadi akibat paparan  Sinar UV yang terlalu sering pada kulit wajah, debu-debu kotor di udara, air hujan, konsumsi makanan tidak sehat, aktivitas tubuh yang kurang, dan lainnya. Partikel-partikel tidak sehat yang diserap kulit wajah terus-terusan menyebabkan penuaan dini pada sel kulit. Jika Anda ingin terlihat awet muda, berikut tips merawat wajah agar awet muda.

  1. Cuci wajah sebelum tidur pada malam hari

Kegiatan mencuci wajah sebelum tidur merupakan hal yang sangat penting, hal ini untuk mencegah timbulnya jerawat akibat penyumbatan pori oleh sisa bedak, debu, dan kotoran yang menempel setelah Anda beraktifitas seharian. Cuci wajah Anda paling tidak sekali sehari pada sore hari, setelah beraktifitas seharian. Untuk Anda yang memiliki wajah berminyak, hindari mencuci wajah terlalu sering. Mencuci wajah terlalu sering hanya menghilangkan minyak dari wajah Anda untuk sementara waktu saja, tetapi akan meransang kelenjar minyak pada wajah Anda untuk memproduksi semakin banyak minyak.

  1. Gunakan tabir surya setiap hari

Salah satu penyebab kulit Anda mengalami penuaan dini adalah karena paparan sinar UV yang berlebihan. Agar kulit terlindungi, biasakan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi, sesuai dengan aktivitas Anda di bawah terik matahari. Aplikasikan tabir surya kurang lebih 15 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Penggunaan tabir surya dapat diulang setiap dua hingga tiga jam, sesuai dengan intensitas Anda berada di bawah sinar matahari. Anda juga dapat mengulangi pemakaian tabir surya setelah kulit Anda terkena air karena beberapa jenis tabir surya dapat terbilas oleh air. Apabila aktivitas Anda didominasi dengan kegiatan di bawah sinar matahari dan di dalam air, Anda dapat memilih produk tabir surya yang anti air atau yang dapat bertahan meski terkena air.

  1. Rajin mengonsumsi air putih

Rajin mengonsumsi air putih, selain sangat bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh, air putih juga bermanfaat untuk menjaga wajah agar awet muda. Pasalnya jika Anda banyak mengonsumsi air putih, maka kulit akan kenyal dan lembab. Disarankan minimal mengonsumsi asupan cairan sebanyak 2 liter dalam sehari. Cairan ini bisa Anda penuhi dengan konsumsi makanan berkuah atau minuman yang Anda sukai. Akan tetapi untuk menjaga agar berat badan Anda tetap terjaga sekaligus kulit Anda terjaga, dominasi konsumsi air putih lebih dianjurkan.

  1. Jaga asupan makanan

Makanan juga berpengaruh dalam perawatan wajah agar awet muda. Disarankan anda mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat antioksidan yang tinggi. Karena dengan mengonsumsi makanan yang berantioksidan yang tinggi, hal ini dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun-racun akibat paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

  1. Olahraga teratur

Pada saat berolahraga akan menghasilkan keringat yang berfungsi membersihkan kotoran diatas kulit, minyak, dan debu yang menyumbat pori-pori. Sehingga regenerasi sel mudah dilakukan dan menjadikan kulit lebih bersih, cerah, dan selalu terjaga keremajaannya.

  1. Hindari stres

Terlalu banyak fikiran sangat tidak baik untuk sel-sel tubuh. Pasalnya hal ini dapat mempengaruhi regenerasi sel kulit menjadi tidak optimal. Apabila anda sering stress, kulit pada wajah anda mudah berkerut. selain itu, hormon menjadi tidak stabil dan dapat memicu terjadinya berbagai macam masalah pada wajah seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya. (RH/STE)

Daftar Pustaka

https://tipscantika.com/cara-merawat-wajah-agar-awet-muda/

https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/wajah/cara-merawat-wajah-agar-awet-muda


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store