Tips Perawatan Pascasunat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

110

Setelah seseorang dikhitan, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar satu minggu sampai sepuluh hari agar bekas lukanya kering dan dapat menutup dengan sempurna. Selama masa itu, luka pada bagian penis setelah sunat harus dirawat dengan baik, hal ini harus dilakukan untuk menghindari terjadinya infeksi dan komplikasi-komplikasi lainnya.  Perawatan apa saja yang dapat Anda lakukan di rumah? Berikut tipsnya.

  1. Meredakan nyeri

Pada saat proses sunat dilakukan, akan disuntikan obat antinyeri agar prosesnya tidak terasa. Namun setelah beberapa jam, efek obat antinyeri akan hilang, Anda atau anak Anda akan merasa tidak nyaman atau sakit pada daerah penis. Nah, biasanya sebelum Anda pulang kerumah, dokter akan meresepkan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol. Jadi, ikutilah anjuran dari dokter atau apoteker untuk mengonsumsi obat-obatan ini.

  1. Jagalah daerah alat kelamin tetap bersih dan kering

Usahakan celana yang digunakan anak lebih longgar untuk menghindari gesekan. Apabila sudah kencing, bersihkan ujung lubang kencing secukupnya secara perlahan, usahakan jangan mengenai luka khitan. Biasanya bercak-bercak darah bekas khitan juga akan menumpuk dan tampak seperti “borok” yang dapat mengganggu kesehatan. Jadi, sering-seringlah membersihkan penis setelah disunat. Jika sudah lebih dari 3 hari maka bekas luka khitan boleh dibersihkan dengan air hangat. Caranya masukkan kassa steril ke dalam air hangat lalu peraslah dan bersihkan secara perlahan “bekas darah” tersebut sampai terlepas.

  1. Mengatur makanan

Setelah proses sunat dilakukan, tidak ada pantangan makanan tertentu yang khusus untuk pasien khitan. Ikan, telur dan daging bukan suatu “larangan  untuk dimakan” karena hal tersebut hanyalah “mitos” yang salah dan banyak berkembang di masyarakat. Sebaliknya kandungan vitamin dan protein yang terkandung dalam makanan tersebut diperlukan tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka agar lebih cepat kering. Tapi sebaiknya Anda menghindari makanan yang pedas, makanan instan, dan minum minuman yang bersoda. Karena dapat mengganggu kesehatan secara umum, misalnya menimbulkan gangguan pencernaan atau radang tenggorokan yang dapat menurunkan kesehatan pasien secara umum. Hal tersebut akan menghambat proses penyembuhan luka khitan karena konsentrasi kekebalan tubuh jadi terpecah untuk menyembuhkan luka sekaligus mengobati masalah kesehatan yang lain.

  1. Kontrol luka

Lakukan kontrol rutin ke dokter yang mengkhitan pada hari ketiga dan pada hari kelima-ketujuh untuk memastikan kesehatan dari penis setelah proses sunat.

Mungkin perawatan akan terkesan sepele. Namun jangan sampai Anda lalai, karena jika luka tidak dirawat dengan benar, luka sunat akan menimbulkan bekas permanen. Bahkan terdapat kasus ekstrem hingga harus melakukan amputasi pada keseluruhan penis. Rawat penis pasca sunat jangan sampai terkena infeksi. Segera hubungi dokter jika perdarahan tidak berhenti atau justru bertambah banyak, anak tidak buang air kecil 6-8 jam pasca sunat, bengkak atau kemerahan tidak hilang dalam waktu 3-5 hari serta keluar cairan kekuningan setelah 7 hari. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/perawatan-setelah-sunat/

7 TIPS DAN KIAT PERAWATAN USAI KHITAN


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store