Tips Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anda

325

Kekebalan tubuh atau disebut juga sistem imunitas merupakan pasukan yang berfungsi untuk melawan berbagai bakteri, virus, dan parasit yang memasuki tubuh anda. Gangguan pada sistem kekebalan tubuh anda dapat membuat kesehatan anda tergganggu. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh anda tetap dalam kondisi prima.

 

Diet Kaya Sayuran dan Buah-buahan

Mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang terdapat dalam buah dan sayuran dapat membantu kekebalan tubuh anda melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh anda.

 

Tidur yang Cukup

Walaupun belum ditemukan hubungan pasti antara tidur yang cukup dengan peningkatan kekebalan tubuh, namun tidur yang cukup memang mempunyai peranan penting bagi kesehatan anda. Yang dimaksud dengan tidur yang cukup adalah tidur nyenyak atau tidur yang membuat anda merasa segar dan siap beraktivitas kembali di pagi hari.

Kebutuhan tidur setiap orang bervariasi. Pada umumnya orang dewasa memerlukan sekitar 7-8 jam setiap harinya. Anak-anak memerlukan waktu tidur yang lebih banyak, remaja biasanya memerlukan 9-10 jam, sedangkan anak-anak yang lebih kecil membutuhkan sekitar 10-12 jam.

 

Berpikir Positif

Anda tentunya telah sering mendengar bahwa pikiran anda dapat mempengaruhi kesehatan anda. Saat anda stress, kekebalan tubuh anda dapat ikut menurun dan menyebabkan anda mudah sakit. Mulailah berpikir positif, hal ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.

 

Tertawa

Berdasarkan penelitian, tertawa dapat membuat kekebalan tubuh anda meningkat walaupun belum diketahui bagaimana hal ini terjadi.

Seks

Berhubungan seksual ternyata juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Saat anda berhubungan seksual terbentuk suatu antibodi (immunoglobulin A)yang dapat membantu anda melawan berbagai bakteri dan virus.

 

Atasi Stress

Stress dapat mengganggu kesehatan anda bila berlangsung dalam waktu lama. Stress juga dapat menurunkan kekebalan tubuh anda. Mengatasi stress dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda sekaligus menjaga kesehatan tubuh anda.